Sukses


6 Pemain Keturunan Wishlist Shin Tae-yong saat Pertama Melatih Timnas Indonesia: Kevin Diks Next, Emil Audero Menyusul?

Bola.com, Jakarta Satu per satu pemain keturunan Indonesia yang didambakan Shin Tae-yong sudah dalam genggaman Timnas Indonesia.

Mees Hilgers yang terbaru dan telah bergabung dengan skuad Garuda. Kabar baik lagi, Kevin Diks dikabarkan bakal segera menjalani proses naturalisasi.

Diks sudah berada di Jakarta pada Kamis (10/10/2024) malam. Ia sebelumnya mengaku telah dikontak PSSI perihal memperkuat Timnas Indonesia.

Sejak melatih Timnas Indonesia pada akhir 2019, Shin Tae-yong mengamati pemain-pemain keturunan Indonesia di Eropa. Saat itu, gerakan PSSI untuk mengumpulkan pemain keturunan belum semasif sekarang.

Namun, upaya PSSI dari era Mochamad Iriawan hingga Erick Thohir membuahkan hasil. 

Seringin dengan kemajuan Timnas Indonesia, pemain-pemain keturunan pun tertarik untuk memperkuat negara leluhur mereka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Jordi Amat dan Sandy Walsh

Butuh waktu dua tahun bagi Shin Tae-yong untuk mengumpulkan pemain incarannya. Terkendala COVID 19, dua pemain pertama yang bergabung adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Jordi Amat tak mampu menggambarkan perasaanya setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Menurut Jordi, peristiwa pengucapan sumpah menjadi WNI sebagai hari terbaik dalam hidupnya.

Jordi Amat beserta Sandy Walsh mengambil sumpah menjadi WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Kamis (17/11/2022) siang WIB. Jordi mengaku sangat bahagia akhirnya bisa berganti kewarganegaraan menjadi Indonesia.

Sementara bagi Sandy Walsh, menjadi WNI adalah dambaannya sejak 2017. 

3 dari 6 halaman

Mees Hilgers

Timnas Indonesia menanti Mees Hilgers selama empat tahun. Pemain FC Twente itu didekati Shin Tae-yong saat usianya masih 18 untumk proyeksi Piala Dunia U-20 2023 yang akhirnya batal.

Akibat pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut, Mees Hilgers tak kunjung merapat. Bek keturunan Manado itu menunggu posisinya aman di klub hingga akhirnya memutuskan menjadi WNI pada September 2024.

Mees menjalani debut di Timnas Indonesia dalam laga kontra Bahrain pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

4 dari 6 halaman

Ragnar Oratmangoen

Nama Ragnar Oratmangoen muncul sebagai target Shin Tae-yong pada 2023. Pemain berdarah Maluku itu akhirnya menjadi WNI pada Juni 2024.

Menurut winger 26 tahun itu, orang pertama yang menghubunginya untuk masuk program naturalisasi adalah Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Menteri (TAM) untuk urusan Diaspora dan Kepemudaan Kemenpora.

"Saya beberapa kali ditelepon oleh Pak Hamdan, tapi pada akhirnya Fardy Bachdim dan Jay Idzes yang memberitahukan kepada saya ke federasi dan mereka datang kepada saya," kata Ragnar Oratmangoen.   

5 dari 6 halaman

Kevin Diks

Kevin Diks termasuk daftar pemain pertama yang diinginkan Shin Tae-yong pada 2020.

Seperti Mees Hilgers, Timnas Indonesia menunggu empat tahun untuk memulangkannya ke tanah leluhur.

Kevin Diks sudah berada di Jakarta dan akan segera menjalani proses menjadi WNI.

6 dari 6 halaman

Emil Audero

Nama kiper Como 1907, Emil Audero Mulyadi kembali disebut-sebut sebagai calon pemain Timnas Indonesia.

Emil Audero sudah lama masuk radar Timnas Indonesia semenjak dilatih Shin Tae-yong. Namun, kiper kelahiran Mataram, NTB, itu belum terbuka memperkuat Timnas Indonesia.

Audero kini sudah berusia 27 tahun. Kansnya membela Timnas Italia juga sangat tipis karena persaingan yang luar biasa berat di sana.

"Timnas Indonesia kini dilirik banyak pemain. Ada kiper yang tadinya enggak, kini mulai tertarik," kata anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga kepada Liputan6.com.

Pernyataan Arya membuat suporter Timnas Indonesia mengarahkan rumor ke Emil Audero. 

Video Populer

Foto Populer