Sukses


Mengulas Performa Pertahanan Timnas Indonesia saat Hadapi Bahrain: Debut Istimewa Mees Hilgers!

Bola.com, Jakarta - Sektor pertahanan Timnas Indonesia menampilkan performa yang impresif saat menghadapi Timnas Bahrain pada pertandingan ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB itu, lini pertahanan menjadi salah satu kunci di balik kesuksesan Timnas Indonesia bermain imbang 2-2.

Skuad Merah Putih memang sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol fantastis Mohamed Jasim Marhsoon (15’). Namun, pada babak kedua, mereka bisa mencetak gol lewat Ragnar Oratmangoen (45+3’) dan Rafael Struick (74’).

Sektor pertahanan menjadi salah satu kunci di balik keberhasilan skuad asuhan Shin Tae-yong mencuri satu poin dari markas Timnas Bahrain pada pertandingan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Komposisi Pertahanan Baru

Hadirnya Mees Hilgers menambah opsi bagi Shin Tae-yong dalam merancang komposisi baru di sektor pertahanan Timnas Indonesia. Sebab, skema tiga bek tengah sejajar yang diturunkan kali ini mengalami perubahan dengan hadirnya bek FC Twente itu.

Sejak menit awal, Shin Tae-yong menurunkan Mees Hilgers, Jordi Amat, dan Jay Idzes. Mees mengisi posisi yang biasanya ditempati oleh Rizky Ridho, sedangkan Jordi menempati area tengah. Jay Idzes harus mengalami pergeseran ke posisi kiri.

Ketiganya bermain sejajar ketika bertahan. Namun, saat memasuki tahap bangun serangan, Jordi Amat bergeser ke depan untuk menambah opsi lini tengah. Perubahan posisi ini bertujuan untuk menciptakan keunggulan jumlah pemain di sektor ini.

3 dari 5 halaman

Mees Hilgers Kukuh

Debut yang diukir Mees Hilgers pada pertandingan ini berlangsung sangat baik. Pemain berusia 23 tahun itu langsung membayar lunas kepercayaan yang telah diberikan oleh Shin Tae-yong untuk bermain penuh.

Catatan ini cukup spesial mengingat ini adalah laga debut bek FC Twente itu. Mees menjadi salah satu bek yang tampil menonjol karena berhasil menjaga areanya tetap aman dari ancaman para pemain Bahrain.

Tak berlebihan jika menyebut Mees Hilgers menjadi sosok paling krusial di sektor ini. Dia mampu menjadi rekan duet yang baik bersama rekan-rekannya, baik Jay Idzes dan Rizky Ridho.

4 dari 5 halaman

Maarten Paes Istimewa

Performa sektor pertahanan Timnas Indonesia pada pertandingan ini turut mempertontonkan aksi-aksi ciamik dari Maarten Paes. Setelah sempat diragukan tampil karena cedera, ia mampu membayar lunas kepercayaan Shin Tae-yong.

Terlepas dari satu gol yang dihasilkan Mohamed Jasim Marshoon yang luar biasa, penampilan Maarten Paes memang layak diapresiasi. Ia mampu menggagalkan sejumlah upaya para pemain Timnas Bahrain.

Sepanjang pertandingan, setidaknya ada beberapa penyelamatan yang dilakukan kiper FC Dallas itu. Berdasarkan statistik yang disajikan situs Sofascore, Maarten Paes mencatatkan sebanyak empat saves.

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 2 2 0 0 12-0 6
2 Arab Saudi 2 1 1 0 3-2 4
3 Australia 3 1 1 1 3-2 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 01.30 WIB

Video Populer

Foto Populer