Sukses


Wasit Ahmed Al-Kaf Perpanjang Durasi Waktu Tambahan Duel Bahrain Vs Timnas Indonesia, Sudah Sesuai Regulasi?

Bola.com, Jakarta - Wasit Ahmed Al-Kaf yang memimpin duel Bahrain versus Timnas Indonesia memperpanjang durasi waktu tambahan babak kedua. Akibat keputusan Ahmed, Bahrain bisa mencetak gol penyeimbang pada menit ke-90+9, padahal injury time hanya enam menit.

Tim Garuda bersua Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Berlangsung seru sejak menit awal, pertandingan kedua tim berakhir imbang 2-2.

Sepasang gol Timnas Indonesia dicetak Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 dan Rafael Struick menit ke-74. Adapun dua gol Timnas Bahrain diborong Mohammed Marhoon pada menit ke-15 dan 90+9.

Gol kedua Bahrain dapat protes keras dari kubu Indonesia. Seluruh anggota Timnas Indonesia merasa waktu harusnya berakhir sebelum Bahrain bikin gol. Lantas, seperti apa regulasi yang mengatur pemberian injury time atau tambahan waktu?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Regulasi Waktu Tambahan di Sepak Bola

Setiap pertandingan sepak bola di bawah FIFA merujuk pada Law of the Game yang dikeluarkan IFAB (Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional). Termasuk pada laga Bahrain dan Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pada bagian 'The Duration of Match', IFAB menerangkan beberapa poin terkait tambahan waktu yang berbunyi sebagai berikut:

Kelonggaran diberikan oleh wasit di setiap babak untuk semua waktu bermain yang hilang di babak tersebut melalui:

  • Pergantian pemain
  • Penilaian dan/atau pemindahan pemain yang cedera
  • Membuang-buang waktu
  • Sanksi disiplin
  • Penghentian medis yang diizinkan oleh peraturan kompetisi, misalnya, jeda ‘minum-minum’ (yang tidak boleh lebih dari satu menit) dan jeda ‘pendinginan’ (sembilan puluh detik hingga tiga menit)
  • Penundaan yang berkaitan dengan ‘pemeriksaan’ dan ‘peninjauan’ VARperayaan gol
  • Penyebab lainnya, termasuk penundaan yang signifikan untuk memulai kembali (misalnya karena campur tangan oleh agen luar)

Wasit keempat menunjukkan waktu tambahan minimum yang diputuskan oleh wasit di akhir menit terakhir setiap babak. Waktu tambahan dapat ditambah oleh wasit tetapi tidak dikurangi.

Wasit tidak boleh mengganti rugi atas kesalahan pencatatan waktu selama babak pertama dengan mengubah durasi babak kedua.

3 dari 5 halaman

Aplikasi Regulasi di Laga Bahrain vs Timnas Indonesia

Kata kunci dari regulasi di atas ada pada bagian 'Waktu tambahan dapat ditambah oleh wasit tetapi tidak dikurangi'. Pada kasus seperti ini, maka semua bergantung pada subjektivitas wasit dalam menilai jalannya pertandingan.

Ahmed Al-Kaf mungkin menilai ada beberapa momen yang membuat waktu efektif saat injury time terbuang, sehingga membiarkan laga berjalan hingga menit 90+11.

Namun, jika dicermati lagi, sejatinya tidak ada insiden serius yang membuat banyak waktu terbuang pada periode tambahan waktu. Jadi, wajar jika keputusan Ahmed Al-Kaf banyak dipertanyakan.

 

4 dari 5 halaman

PSSI Bakal Protes ke AFC

Timnas Indonesia jadi pihak yang dirugikan oleh keputusan wasit Ahmed Al-Kaf. Tiga poin di depan mata harus sirna lantaran subjektivitas Ahmed Al-Kaf membiarkan laga berjalan walau waktu tambahan sudah habis.

PSSI tidak senang dengan keputusan dari wasit Ahmed Al-Kaf. PSSI bakal melakukan protes pada AFC terkait kepemimpinan wasit asal Oman tersebut.

"Ya, kami kirim surat protes. Kami sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol," ujar anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 11/10/2024)

5 dari 5 halaman

Hasil dan Klasemen Grup C

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 6
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer