Sukses


Mengulas Kekuatan China, Lawan Selanjutnya Timnas Indonesia: Tim Terlemah di Grup C, Bisakah Menang Mudah?

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia harus segera bangkit untuk menghadapi pertandingan berikutnya melawan Timnas China pada lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebab, lawan yang dihadapi kali ini tak akan kalah menantang.

Menurut jadwal, pertandingan antara skuad asuhan Shin Tae-yong melawan Timnas China ini bakal berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 malam WIB.

Skuad Merah Putih tentu harus segera bangkit dari pengalaman pahit pada pertandingan sebelumnya saat kemenangan yang sudah berada di pelupuk mata harus dibuyarkan oleh gol kontroversial Bahrain.

Apalagi, Dragon Team, julukan Timnas China, punya beberapa kekuatan yang berpotensi mengancam Timnas Indonesia pada pertandingan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Performa Tak Istimewa

Timnas China menjadi salah satu peserta yang kurang memiliki performa istimewa pada awal putaran ketiga ini. Sebab, mereka menjadi satu-satunya peserta Grup C yang selalu menelan kekalahan dari tiga laga awal.

Bahkan, The Dragon cenderung menjadi bulan-bulanan lawannya. Mereka sempat digasak Jepang tujuh gol tanpa balas. Lalu, setelah itu menelan dua kekalahan beruntun melawan Arab Saudi (1-2) dan Australia (1-3).

Dengan demikian, Timnas China menjadi kontestan yang paling banyak kebobolan. Mereka sejauh ini sudah kemasukan 12 gol. Padahal, di sisi lain, mereka juga tak produktif-produktif amat karena baru bisa mencetak dua gol.

3 dari 4 halaman

Dua Amunisi Naturalisasi

Catatan lainnya yang mesti diantisipasi oleh Timnas Indonesia ialah dua pemain naturalisasi milik China yang menjadi andalan. Pada laga terakhir, ada dua nama pemain yang diturunkan pelatih Branko Ivanovic.

Nama yang pertama ialah Tyias Browning. Bek tengah berusia 30 tahun itu menjadi tulang punggung utama di lini pertahanan. Rekam jejaknya juga mentereng. Sebab, dia pernah berkarier di Liga Inggris bersama Everto, Wigan Athletic, dan Sunderland.

Sedangkan di lini depan, The Dragon diperkuat oleh winger kelahiran Brasil, Fernandinho. Sejauh ini, pemain berusia 31 tahun itu telah menyumbangkan satu gol dari tujuh laga bersama Timnas China.

4 dari 4 halaman

Rekor Buruk Sepanjang 2024

Rekor yang dicatatkan oleh Timnas China sebetulnya tak begitu membanggakan. Sebab, dari total 11 pertandingan yang tersaji di sepanjang tahun 2024, mereka hanya bisa mengukir satu kemenangan.

Satu-satunya kemenangan itu diukir saat melawan Singapura di putaran kedua. Sisanya, The Dragon menghasilkan empat kali imbang dan enam kekalahan. Rekor buruk ini sejatinya sudah tercium sejak awal tahun.

Pada Piala Asia 2023, misalnya, tim asuhan Branko Ivankovic mencatatkan dua hasil imbang melawan Tajikistan (0-0) dan Lebanon (0-0). Pada laga terakhir, mereka kalah 0-1 dari Qatar.

Video Populer

Foto Populer