Sukses


Jelang Duel Kontra China Suhu di Qingdao Sangat Nyaman, Peluang Timnas Indonesia Raih Kemenangan Pertama di R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta Setelah kemenangan di depan mata dirampok Bahrain berkat bantuan wasit Ahmed Al-Kaf, kini Timnas Indonesia mengincar poin absolut dari tangan Timnas China.

Matchday keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut akan digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 malam WIB.

Kondisi cuaca di Qingdao nanti sangat mendukung, karena suhu pada kisaran 22 derajat Celcius. Bagi pemain diaspora Timnas Indonesia yang berasal dari Eropa temperatur ini lebih familiar.

Ini berbeda dengan situasi di Bahrain lalu dengan suhu cukup menyengat. Sehingga pada pertandingan tersebut ada dua kali water break tiap babaknya.

"Suhu di China nanti sangat asyik. Pemain Indonesia yang datang dari Eropa akan merasa nyaman dengan situasi tersebut. Keadaan ini saya kira akan membuat permainan Timnas Indonesia lebih terengginas daripada saat melawan Bahrain," kata Gusnul Yakin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lebih Bugar

Apalagi, lanjut Gusnul Yakin, Jay Idzes dkk. lebih bugar karena PSSI mencarter pesawat untuk memangkas waktu tempuh dari Bahrain ke Qingdao.

"PSSI sudah melakukan upaya terbaik agar Timnas Indonesia bisa tampil bagus. Dengan berbagai faktor dukungan PSSI dan alam di Qingdao, semoga Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan pertama di babak ini," ujar pengamat asal Malang ini.

Kemenangan atas China sangat penting bagi Timnas Indonesia untuk bersaing di Grup C Zona Asia. Selain membuka peluang lolos ke Piala Dunia 2026, poin absolut juga modal kepercayaan diri bagi pasukan Shin Tae-yong untuk menghadapi partai selanjutnya.

"Kemenangan akan mempersempit jarak poin Indonesia dengan tim lainnya. Karena selisih angka kita dengan Australia, Arab Saudi, dan Bahrain hanya satu. Kemenangan juga jadi modal untuk melawan Jepang dan Arab Saudi di kandang pada bulan November nanti," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Tiba Lebih Awal

Timnas Indonesia telah tiba di Qingdao Jiaodong International Airport, Qingdao, China, pada Jumat (11/10/2024) sore waktu setempat berdasarkan unggahan dari Instagram Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Shandong.

Tim berjulukan Garuda itu telah ditunggu oleh beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) di sana yang memberikan yel-yel spesial untuk Thom Haye dkk.

Ketika satu per satu pemain Timnas Indonesia keluar dari Qingdao Jiaodong International Airport, WNI di China meneriakkan "Timnas Indonesia, Timnas Indonesia, selamat datang, pasti menang, pasti menang hey-hey."

Selain itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang berulang tahun ke-54 pada Jumat (11/10/2024), menerima ucapan selamat ulang tahun.

4 dari 4 halaman

Ada Peluang

Timnas Indonesia mempunyai peluang besar untuk meraih kemenangan pertama di Grup C. Sebab, China adalah kesebelasan pesakitan setelah selalu kalah dalam tiga pertandingan.

Dalam klasemen sementara Grup C, China menjadi juru kunci dengan nol poin. Sementara Timnas Indonesia menempati peringkat kelima lewat tiga angka hasil dari tiga seri.

Posisi pertama masih diisi oleh Timnas Jepang dengan nilai sembilan, disusul Timnas Australia, Timnas Arab Saudi, dan Bahrain yang sama-sama mendulang empat angka.

Video Populer

Foto Populer