Sukses


Perbandingan Ranking FIFA China dengan Timnas Indonesia: Cukup Jauh, Tuan Rumah Tembus 100 Besar

Bola.com, Jakarta - Timnas China dan Timnas Indonesia dibedakan posisi yang cukup jauh dalam ranking FIFA. Kedua kesebelasan dipisahkan 38 peringkat.

Berdasarkan ranking FIFA terakhir pada 19 September 2024, China berada di urutan ke-91 dengan 1.253,77 poin, turun empat tanggak dari sebelumnya.

Sementara, Timnas Indonesia menempati posisi ke-132 leat 1.124,17 angka. Tim Garuda mengalami kenaikan empat peringkat.

Timnas China bakal meladeni perlawanan Timnas Indonesia dalam matchday keempat Grup C di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

China Merosot Terus

China terus merosot dalam ranking FIFA, nyaris sepanjang setahun terakhir. Pada Desember 2023, tim berjulukan Dragon Team itu masih bercokol di posisi ke-79.

Pada Februari 2024, China terjun bebas ke peringkat ke-88 dan naik ke-87 pada Juli 2024 sebelum menukik drastis pada 19 September 2024.

Sebaliknya, Timnas Indonesia terus meroket di ranking FIFA. Pada 21 September tahun lalu, Skuad Garuda masih bertengger di urutan ke-147. Hal ini berarti Jay Idzes dkk. melompat 18 posisi.

3 dari 4 halaman

Bulan-bulanan

China terus menjadi bulan-bulanan di Grup C. Armada Branko Ivankovic itu selalu kalah dalam tiga pertandingan, dari 0-7 dari Timnas Jepang, 1-2 dari Timnas Arab Saudi, dan 1-3 dari Timnas Australia.

Buntut hancur lebur itu, China terdampar di dasar klasemen Grup C dengan nol poin dari tiga penampilan dan 12 kali kebobolan serta hanya dua kali memasukan.

Sementara, Timnas Indonesia belum pernah kalah di Grup C, tetapi juga tidak kunjung menang. Pasukan Shin Tae-yong itu mencatatkan tiga hasil seri dari tiga partai.

4 dari 4 halaman

Posisi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengimbangi dua langganan Piala Dunia, Timnas Arab Saudi 1-1, dan Timnas Australia 0-0, serta terbaru Timnas Bahrain 2-2.

Timnas Indonesia menempati peringkat kelima tabel Grup C dengan nilai tiga. Posisi pertama diisi Jepang lewat sembilan poin, disusul Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang sama-sama meraup tiga angka.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer