Sukses


Daftar Klub Dunia yang Pernah Dilawan Kevin Diks, Calon Bek Timnas Indonesia: Man City 5 Kali, MU 2, Bayern Munchen 2

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia segera mempunyai bek berlevel Liga Champions. Dia adalah Kevin Diks Bakarbessy, pemain keturunan Ambon, Maluku, yang membela klub Denmark, FC Copenhagen.

Kevin Diks telah datang ke Indonesia. Pada Sabtu (12/10/2024), fotonya sedang bersalaman dengan Ketua PSSI, Erick Thohir, diunggah ke media sosial.

Kevin Diks akan menjalani proses naturalisasi. "Selamat bergabung di Timnas Indonesia, Kevin Diks," tulis Erick Thohir lewat akun Instagramnya, @erickthohir.

Sepanjang karier profesionalnya yang dimulai pada 2014, Kevin Diks telah bermain untuk enam klub berbeda. Mulai dari Vitesse, Fiorentina, Feyenoord, Empoli, AGF Aarhus, dan FC Copenhagen.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

3 Tahun di FC Copenhagen

Sejak 2021, Kevin Diks menjadi milik FC Copenhagen. Selama tiga tahun, pemain berusia 28 tahun ini telah membukukan 144 penampilan, 16 gol, 18 assist, 22 kartu kuning, dan tiga kartu merah.

Kevin Diks tumbuh sebagai pemain yang beroperasi di lini pertahanan kanan alias fullback kanan. Namun, ia juga bisa dimainkan menjadi fullback kiri, gelandang bertahan, dan gelandang sayap kanan.

Namun, sejak dua musim terakhir, Kevin Diks mengalami transformasi peran. FC Copenhagen mengubahnya menjadi bek tengah, posisi yang terus dimainkannya hingga saat ini.

3 dari 5 halaman

17 Penampilan di Liga Champions

Kevin Diks juga memiliki pengalaman di Liga Champions. Dia 17 kali berlaga di turnamen antarklub nomor satu di Eropa itu. Rinciannya tiga kali dengan Feyenoord dan 14 kali bersama FC Copenhagen.

Dari 17 penampilannya itu, lima di antaranya menghadapi Manchester City. Pertama pada Liga Champions 2017/2018 ketika Feyenoord kalah 0-1 akibat gol gol tunggal Raheem Sterling.

Ketika itu, Manchester City masih diperkuat Sergio Aguero, David Silva, Yaya Toure, Gabriel Jesus, hingga Nicolas Otamendi.

4 dari 5 halaman

Langganan Lawan Man City

Pertemuan kedua di Liga Champions 2022/2023. Kevin Diks telah bergabung dengan FC Copenhagen, namun dibantai Manchester City 0-5 via brace Erling Haaland, Riyadh Mahrez, dan satu gol Julian Alvarez.

Kesempatan ketiga juga berlangsung di Liga Champions 2022/2023. Kali ini, Kevin Diks mampu membawa FC Copenhagen mengimbangi Manchester City.

Pada Liga Champions musim lalu, FC Copenhagen berhadapan dengan Manchester City di babak 16 besar. Hasilnya, Kevin Diks dkk. kalah agregat 2-6.

5 dari 5 halaman

Statistik Kevin Diks

Ketika itu, Kevin Diks tidak kuasa menahan gempuran Erling Haaland, Kevin De Bruyne, Phil Foden, Bernardo Silva, hingga Julian Alvarez.

Selain itu, selama kariernya di Liga Champions, Kevin Diks juga pernah dua kali melawan Manchester United (MU) dan Bayern Munchen pada penyisihan grup musim 2023/2024.

Dari 17 aksinya di Liga Champions, Kevin Diks mencatatkan total 1.224 menit bermain. Dia 14 kali menjadi starter dan tiga kali sebagai pengganti.

Sumber: Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer