Sukses


Cerita Agen-agen Rahasia di Timnas Indonesia: Rayuan Maut S3 Marketing untuk Join Skuad Garuda

Bola.com, Jakarta - Keterlibatan dan kerja sama dari berbagai sisi menjadi kunci kesuksesan PSSI menngumpukan pemain-pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Sejauh ini, ada 13 nama yang telah menjadi tulang punggung skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong. Mulai Jay Idzes, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Jordi Amat, Nathan Tjoe A-On, Thom Haye, Ivar Jenner, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Maarten Paes, Justin Hubner, Mees Hilgers, dan Eliano Reijnders.

Ditambah Kevin Diks yang sedang menjalani proses menjadi WNI, maka total ada 14 pemain keturunan yang akan berjibaku untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Banyak pihak telah bahu membahu untuk melancarkan proses itu. Mulai PSSI, agen, pemerintah, suporter, content creator, hingga pemain itu sendiri.

Di luar PSSI, ada banyak pihak yang turut membantu. Contohnya ada Yussa Nugraha, pemain Indonesia yang besar di Belanda. Ia sejak tahun 2020 mewancarai pemain-pemain keturunan Indonesia.

Begitu pula di kalangan suporter, akun-akun media sosial yang rajin mendata pemain keturunan Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.

Nah, ternyata, di kalangan pemain Timnas Indonesia, ada yang menjadi 'agen rahasia'. Bola.com merangkumnya silakan disimak.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Agen 001: Jay Idzes Bujuk Ragnar

Ada jasa agen Jay Idzes di balik kemantapan hati Ragnar Oratmangoen untuk membela Timnas Indonesia.

Menurut winger 26 tahun itu, orang pertama yang menghubunginya untuk masuk program naturalisasi adalah Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Menteri (TAM) untuk urusan Diaspora dan Kepemudaan Kemenpora.

"Saya beberapa kali ditelepon oleh Pak Hamdan, tapi pada akhirnya Fardy Bachdim dan Jay Idzes yang memberitahukan kepada saya ke federasi dan mereka datang kepada saya," kata Ragnar Oratmangoen.

3 dari 5 halaman

Agen 002: Calvin Verdonk Ngomporin Mees Hilgers

Agen rahasia yang diam-diam bekerja adalah Calvin Verdonk. Ya, pemain NEC Nijmegen itu ternyata 'ngomporin' Mees Hilgers untuk join Timnas Indonesia.

"Calvin bilang, 'Mess kau harus ikut denganku', dan senang sekali bisa bermain dengannya lagi," ujarnya dikutip dari Youtube FC Twente.

Calvin Verdonk dan Mees Hilgers pernah bermain di tim yang sama. Keduanya diketahui sempat sama-sama membela FC Twente.

Namun, saat itu terjadi Mees Hilgers masih bermain di level junior. Ia dan Verdonk pun hanya sempat menjalani sesi latihan tanpa pernah bertanding secara bersama-sama di ajang resmi bersama FC Twente.

4 dari 5 halaman

Giliran Agen 003 Ivar Jenner Bekerja

Giliran agen Ivar bekerja. Pemain Jong Utrecht itu ternyata membujuk Eliano Reijnders untuk merapat.

Menurut pemain PEC Zwolle itu, PSSI mendekatinya sejak 1,5 tahun yang lalu. Namun, ia tidak langsung memberikan keputusan. Eli mengaku butuh waktu untuk memantapkan posisinya di klub.

"Iya sekitar 1,5 tahuh mereka menghubungi saya, tapi saat itu saya belum memikirkan karena fokus di klub. Setelah sudah lebih mapan di klub saya baru memikirkan. Waktunya singkat, hanya sekitar sepekan akhirnya saya membuat keputusan," katanya dalam wawancara dengan YouTuber Yussa Nugraha.

5 dari 5 halaman

Baru Juga Gabung, Mees Langsung Jadi Agen 004

Ini dia cerita dari agen Mees. Dia yang memberi kode kepada Kevin Diks.

Ketika Mees bersalaman dengan Erick, selang beberapa hari Kevin Diks mengikuti Instagram bek berdarah Manado itu.

Namun, baru beberapa pekan kemudian, Mees follow back pemain FC Copenhagen itu. Kevin Diks juga terpantau sering memberikan like kepada unggahan pemain Timnas Indonesia.

Setelah akhirnya Kevin bersalaman dengan Erick, Mees langsung mengunggah foto Kevin di Instastorynya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer