Sukses


Mengenal Sosok Xie Wenneng, Satu-satunya Pencetak Gol China di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Dari seluruh nama yang memperkuat Timnas China pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini, Xie Wenneng menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol.

Kiprah Xie Wenneng bak sebuah anomali di tengah paceklik gol yang dialami Timnas China saat menghadapi tiga pertandingan awal Grup C. Dari tiga laga itu, tim berjulukan The Dragon tersebut hanya bisa mencetak dua gol.

Uniknya yang pertama lahir lewat gol bunuh diri pemain Arab Saudi, Ali Mohammed Lajami, saat mereka kalah dengan skor 1-2. Baru pada laga ketiga melawan Australia, The Dragon bisa mencetak gol lewat aksi Xie Wenneng.

Pemain berusia 20 tahun ini memang cukup mengancam. Dari proses terciptanya gol tersebut, Xie memiliki akselerasi yang cepat untuk melakukan penetrasi. Kecepatannya inilah yang tak bisa diantisipasi bek-bek Australia.

Performanya inilah yang membuat Xie layak diantisipasi skuad Merah Putih saat berjumpa Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Amunisi Pendatang Baru

Xie Wenneng merupakan satu di antara pemain pendatang baru di Timnas China. Winger kanan asal klub SD Taishan itu baru mengukir debutnya bersama The Dragon pada medio Juni 2024, tepatnya pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sejauh ini, pemain berusia 23 tahun itu sudah mencatatkan lima penampilan bersama The Dragon. Dari semua laga itu, dia mendapatkan empat kali kesempatan untuk turun sebagai starter dari pelatih Branko Ivankovic.

Namun, belum ada catatan istimewa yang bisa dihasilkan Xie Wenneng. Dari lima laga itu, dia baru menghasilkan satu gol. Catatan ini memang wajar mengingat Timnas China sangat kesulitan menjebol gawang lawan.

3 dari 4 halaman

Kiprah di Level Klub

Xie Wenneng memang sudah dibina Shandong Taishan sejak berusia muda. Namun, sebelum bisa menembus tim senior, dia terlebih dahulu menjalani beberapa masa peminjaman, baik di dalam maupun luar negeri.

Awalnya, dia dipinjamkan ke Desportivo Brasil (2018). Setelah itu, dia sempat menjalani masa magang bersama Zibo Cuju (2020), China U-20 (2021), Qingdao Hainiu (2021-2022). Baru pada 2023, dia bisa menembus tim senior Shandong Taishan.

Sejak saat itu, dia sudah mengukir 24 pertandingan dengan koleksi empat gol dan tiga assist di ajang Liga Super China. Bersama Shandong, ia juga merasakan panggung Liga Champions Asia pada musim 2023/2024.

4 dari 4 halaman

Pemain Serbaguna

Salah satu keunggulan yang dimiliki pemain kelahiran Guangdong, 6 Februari 2001 itu, ialah kemampuannya dalam menempati sejumlah posisi. Karakter multiposisi ini membuat Xie Wenneng bisa dipasang di mana saja.

Bersama Timnas China, dia lebih banyak dipasang di area tengah, tepatnya di pos wing back kanan maupun kiri. Padahal, di level klub, dia malah lebih banyak menempati area-area depan, baik itu sayap kanan maupun kiri.

Catatan ini memperlihatkan jika pemain berpostur 175 cm itu wajib diwaspadai. Sebab, pergerakannya di atas lapangan bisa sangat cair dalam mengeksploitasi ruang-ruang di pertahanan Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer