Sukses


Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Antiklimaks! Lini Serang Melempem, Timnas Indonesia Disikat China 1-2

Bola.com, Qingdao - Timnas Indonesia disikat Timnas China 1-2 dalam matchday ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, pada Kamis (15/10/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia mendapatkan peluang pertama pada menit ketujuh. Namun, sundulan Jay Idzes lewat umpan silang dari Nathan Tjoe-A-On masih ditangkap kiper China, Wang Dalei.

Pada menit ke-11, Timnas Indonesia menghasilkan kesempatan lagi. Tetapi, sepakan keras Ragnar Oratmangoen dari luar kotak penalti China masih melayang dari gawang lawan.

China membuka keunggulan pada menit ke-21. Berawal dari bola mati, Shenglong Jiang berhasil merebut bola dari bek Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, dan mengirimkan umpan ke Behram Abduweli.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

China Menggandakan Keunggulan

Shayne Pattynama terlihat ingin membiarkan bola keluar untuk menjadi tendangan gawang Timnas Indonesia, namun justru kalah berduel dari Shenglong Jiang.

Behram Abduweli, yang telah berdiri di depan gawang Timnas Indonesia, tinggal menyontek bola untuk membobol gawang lawan yang dijaga oleh Maarten Paes.

Pada menit ke-40, bek Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tetapi masih bisa dibendung oleh Wang Dalei.

Lewat serangan balik, China berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 melalui Zhang Yuning pada menit ke-44 setelah menerima umpan terobosan dari Gao Zhunyi.

3 dari 5 halaman

Thom Haye Cetak Gol

Pada menit ke-47, Jay Idzes hampir membawa Timnas Indonesia memperkecil ketertinggalan. Namun, tandukan bek Venezia di Italia itu masih dimentahkan oleh Wang Dalei.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan pergantian masif di babak kedua. Thom Haye, Marselino Ferdinan, dan Rizky Ridho masuk untuk menggantikan, Mees Hilgers, Witan Sulaeman, dan Shayne Pattynama.

Upaya Timnas Indonesia berbuah hasil pada menit ke-86. Pratama Arhan, yang masuk di paruh kedua, melepaskan lemparan jauh ke kotak penalti China.

Bola jatuh di kaki Thom Haye. Tendangan gelandang asal Almere City itu melesat masuk ke gawang China dan membuat Timnas Indonesia memangkas keadaan menjadi 1-2.

4 dari 5 halaman

Kekalahan Pertama

Sampai pertandingan tuntas, skor tidak berubah. Timnas Indonesia keok 1-2 dari China. Kekalahan ini menjadi yang pertama untuk Garuda di Grup C.

Sementara, bagi China, kemenangan ini menjadi yang pertama untuknya. Sebelumnya, armada Branko Ivankovic itu menelan hattrick kekalahan.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Timnas China (4-3-3): Wang Dalei; Jiang Guangtai, Gao Zhunyi, Li Lei, Jiang Shenglong; Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Xie Wenneng; Behram Abuduwaili, Wei Shihai, Zhng Yuning

Pelatih: Branko Ivankovic

Timnas Indonesia (3-4-3): Maarten Paes; Mees Hilgers, Jay Idzes, Calvin Verdonk; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama;, Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer