Sukses


3 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Kurang Maksimal saat Tumbang dari China: Kehilangan Momentum, Salah Ambil Keputusan

Bola.com, Qingdao - Sejumlah pemain Timnas Indonesia yang mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong turun sebagai starter melawan China pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dinilai belum memberikan performa maksimal.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan China seusai takluk dengan skor 1-2.

The Dragon mencetak dua gol mudah pada babak pertama lewat Baihelamu Abuduwaili (23’) dan Yuing Zhang (44’). Adapun satu-satunya gol balasan dari skuad Garuda dihasilkan oleh Thom Haye (86’).

Setidaknya, ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang masih belum memberikan kontribusi sesuai harapan saat diturunkan sebagai starter oleh Shin Tae-yong pada laga ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Shayne Pattynama

Kesempatan yang diberikan Shin Tae-yong kepada Shayne Pattynama untuk bermain sebagai starter tak membuahkan hasil yang sesuai harapan. Kehadiran Shayne di area wing back kiri Timnas Indonesia masih belum maksimal.

Yang paling menjadi sorotan tentu kelengahan Shayne Pattynama yang menyebabkan gol pertama China. Shayne gagal mengantisipasi bola di area kotak penalti sehingga direbut oleh Shenlong Jiang.

Shenlong kemudian mengirimkan bola ke depan gawang yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Baihelamu Abuduwaili. Itulah sebabnya, pemain berusia 26 tahun ini harus ditarik keluar pada awal babak kedua.

3 dari 4 halaman

Witan Sulaeman

Performa Witan Sulaeman yang mendapatkan kans sebagai starter juga belum memberikan dampak yang signifikan di lini depan. Itulah sebabnya, dia ditarik oleh Shin Tae-yong pada awal babak kedua.

Permainan kombinasi yang coba dijalin Witan bersama rekan-rekannya di lini depan tak berjalan mulus. Bahkan, ada salah satu momen kesalahan dari Witan yang menghasilkan serangan balik berbahaya kubu lawan.

Momen ini menyebabkan Ivar Jenner harus melakukan pelanggaran untuk menghentikan pemain lawan. Sepanjang babak pertama, nyaris tak ada ancaman berarti yang dihasilkan winger Persija Jakarta ini.

4 dari 4 halaman

Asnawi Mangkualam

Kembalinya Asnawi Mangkualam sebagai starter sekaligus kapten Timnas Indonesia juga belum maksimal. Penampilan agresif Asnawi dalam membantu serangan masih belum terlihat pada pertandingan ini.

Dalam beberapa momen, upaya bangun serangan skuad Merah Putih juga sering kandas oleh pemain Port FC ini. Selama bermain dalam durasi 85 menit, bek berusia 24 tahun itu mencatatkan 10 kali possession lost.

Akibatnya, serangan-serangan yang digalang Timnas Indonesia terhenti di tengah jalan. Meski tampil kurang impresif, Asnawi tetap dipercaya Shin Tae-yong mengawal area wing back kanan hingga lima menit jelang waktu normal berakhir.

Video Populer

Foto Populer