Sukses


Takluk dari China, Shin Tae-yong Beberkan Dua Kesalahan Krusial Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan saat bertamu ke kandang China pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pelatih Shin Tae-yong membeberkan dua penyebab anak asuhnya takluk dari tuan rumah.

Timnas Indonesia kalah 1-2 kala bertanding di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Behram Abduweli mencetak gol pertama pada duel tersebut menit 21', disusul Zhang Yuning sesaat sebelum babak pertama usai.

Timnas Indonesia menguasai jalannya laga dan melahirkan banyak peluang. Akan tetapi, Merah Putih baru bisa mencetak gol menit 86' melalui tendangan Thom Haye. Skor 2-1 untuk kemenangan China tak berubah hingga pertandingan berakhir.

"Pertama-tama, selamat atas kemenangan tim China. Dan kedua tim, China dan Timnas Indonesia, keduanya memiliki kemauan yang kuat untuk memenangkan pertandingan ini, mungkin China memiliki kemauan yang lebih kuat. Kami melakukan yang terbaik. Ini bukan akhir, jadi kami akan bersiap untuk pertandingan berikutnya dan menunjukkan performa yang lebih baik," kata Shin Tae-yong.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kurang Konsentrasi

Pada proses gol pertama, China berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Timnas Indonesia. Shayne Pattynama yang berniat membiarkan bola melewati garis out gagal mencegah pemain lawan mengambil bola.

Jiang Shenglong sukses melepaskan umpan ke depan mulut gawang Maarten Paes, dan dengan first time volley, bola ditendang oleh Abduweli tanpa bisa diadang sang kiper FC Dallas tersebut.

"Kedua gol itu, saya pikir, hanya sedikit kurang konsentrasi. Gol pertama, kami seharusnya memiliki lebih banyak konsentrasi. Dan kemudian gol kedua, itu adalah kesalahan, kesalahan kontrol bola."

"Kami tidak benar-benar fokus ketika berada di bawah tekanan, ketika kami kehilangan bola."

3 dari 3 halaman

Kurang Beruntung

Selain itu, Shin Tae-yong mengatakan jika timnya kurang beruntung. Padahal menurutnya, dengan penguasaan bola dominan dan peluang yang lebih banyak, Jay Idzes dkk. bisa mencetak gol lebih banyak.

"Sejujurnya, menurut pendapat saya, pertandingan hari ini, kami lebih efisien, menurut saya, ball possession kami menang 70-30. Dan terutama babak kedua, saya pikir, Anda tahu, jadi hanya kesialan saja kami tidak mencetak gol (lebih banyak)," ujarnya menambahkan.

Berikutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang dan Arab Saudi di kandang sendiri. Mees Hilgers cs baru mengoleksi tiga poin, dan jika kembali gagal mendulang tiga poin, peluang untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 bakal makin sulit.

Video Populer

Foto Populer