Sukses


Performa Lini Depan Timnas Indonesia saat Bersua China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia: Tak Bisa Berbuat Banyak

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia takluk 1-2 saat menantang China di Qingdao Youth Stadium, Selasa (15/10) malam pukul 19.00 WIB. Para penyerang gagal mengemban misi. Pekerjaan rumah (PR) yang harus segera dibenahi.

Dalam matchday 4 Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berakhir getir, Shin Tae-yong kembali mendapuk Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen sebagai tombak di starting XI Timnas Indonesia.

Ragnar Oratmangoen bermain sedikit di belakang di sisi kiri serangan, sedangkan Rafael Struick diplot sebagai target-man.

Keduanya ditopang dua gelandang, Nathan Tjoe-A-On serta Ivar Jenner dan Witan Sulaeman yang beroperasi sebagai penyerang sayap.

Ironisnya, sepanjang babak pertama, baik Ragnar Oratmangoen maupun Rafael Struick sama sekali tak punya peluang. Boro-boro peluang mencetak gol, kesempatan melepaskan tembakan ke arah gawang lawan nyaris tak ada.

Ragnar Oratmangoen hanya punya satu tembakan dari luar kotak penalti dan itu tersaji pada menit ke-10. Bola yang ditendang penyerang kepunyaan Dender, Belgia, itu melambung di atas mistar gawang Wang Dalei.

Rafael Struick terlihat sangat kesulitan melepaskan diri dari penjagaan super ketat empat tukang jagal China yang dimotori Jiang Guangtai. Walhasil, Rafael Struick benar-benar tak punya kesempatan untuk melepaskan shooting.

Minimnya suplai bola di babak pertama membuat Rafael Struick harus turun ke tengah bahkan sampai jauh ke lini belakang pertahanan Timnas Indonesia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Berubah di Babak Kedua

Pada babak kedua, Shin Tae-yong tak melakukan perubahan di lini depan Timnas Indonesia. Dengan kata lain, Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick masih jadi harapan memburu gol.

Dalam posisi tertinggal 0-2 atau jelang bergulirnya babak kedua, Shin Tae-yong memilih menarik keluar Mees Hilgers, Shayne Pattynama, dan Witan Sulaeman.

Mees Hilgers digantikan oleh Thom Haye, Shayne Pattynama digantikan Rizky Ridho, sedangkan Witan Sulaeman digantikan Marselino Ferdinan.

Seperti di babak pertama, Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick juga masih terlihat kepayahan mencari celah untuk melepaskan tembakan.

Ketatnya penjagaan membuat Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick frustrasi, meski terus berjibaku tanpa mengenal lelah.

Marselino Ferdinan, pun Malik Risaldi yang masuk pada menit ke-85 menggantikan Ivar Jenner juga tak mampu berbuat banyak.

3 dari 4 halaman

Gol Datang dari Gelandang

Gol yang diharapkan justru tercipta lewat kaki kanan Thom Haye. Berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan lalu bola mantul di hadapan Thom Haye, gelandang berusia 29 tahun itu sukses menaklukkan Wang Dalei.

Hanya saja, gol balasan pada menit ke-86 tersebut tak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia dari kekalahan. Skor 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah bertahan sampai wasit Omar Al Ali asal Uni Emirat Arab meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Tumpulnya lini serang Timnas Indonesia di kandang Naga tentunya menjadi PR berat bagi Shin Tae-yong jelang duel maha berat kontra Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada November mendatang.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Selasa, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer