Sukses


Thom Haye Sindir China: Timnas Indonesia Melawan Tim yang Banyak Buang Waktu, Jatuh-jatuhan, Tidak Benar-Benar Main Sepak Bola

Bola.com, Qingdao - Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, menyindir gaya bermain Timnas China menyusul kekalahan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia keok 1-2 dari China dalam matchday keempat Grup C di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, pada Kamis (15/10/2024) malam WIB.

Thom Haye, yang masuk di babak kedua untuk menggantikan Mees Hilgers pada menit ke-46, menjadi pencetak gol satu-satunya untuk Timnas Indonesia pada menit ke-86.

Thom Haye menyamakan China seperti Bahrain, lawan yang mengimbangi Timnas Indonesia 2-2 dalam partai ketiga Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ungkapan Thom Haye

"Saya pikir ini agak mirip dengan Bahrain. Kami bermain melawan tim yang banyak membuang waktu. Mereka jatuh-jatuh, mereka tidak benar-benar bermain sepak bola," ujar Thom Haye dalam wawancara setelah pertandingan.

Secara statistik, Timnas Indonesia sangat dominan. Tim berjulukan Garuda itu mencatatkan 76 persen penguasaan bola dan total 14 tendangan, berbanding lima milik China.

Nathan Tjoe-A-On dkk. juga merangkum 506 operan berhasil dengan persentase 84 persen, sedangkan China hanya 98 operan dan menorehkan umpan sukses dengan persentase 51 persen.

3 dari 3 halaman

Kebobolan 2 Gol Mudah

Dua gol China dibuat oleh Berham Abduweli pada menit ke-21 memanfaatkan kesalahan Shayne Pattynama dan Zhang Yuning pada menit ke-44 yang lepas dari penjagaan Mees Hilgers.

"Lalu kami kebobolan dua gol yang mudah dan kami harus bermain melawan itu. Saya pikir di babak kedua, kami bermain bagus, kami kuat, tetapi dengan waktu 20 menit tersisa, sulit untuk bangkit," ungkap Thom Haye.

Dalam klasemen sementara Grup C, Timnas Indonesia menduduki posisi kelima dengan tiga poin dari empat laga. Persaingan di grup ini amat ketat karena Garuda hanya tertinggal dua angka dari Timnas Australia yang bercokol di peringkat kedua.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer