Sukses


Masih Punya 4 Laga Kandang dari 6 Partai Tersisa di Grup C, Timnas Indonesia Cuma Terpaut 2 Poin dari Australia di Runner-up

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia meraih hasil di luar ekspektasi ketika menjalani dua pertandingan tandang Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024.

Digadang-gadang bakal menyapu bersih atau minimal mendulang empat angka, Timnas Indonesia hanya bisa memetik satu poin saat melawan Timnas Bahrain dan Timnas China.

Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024, dan keok 1-2 dari China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, pada lima hari berselang.

Sialnya, sebelum menang atas Timnas Indonesia, China selalu kalah dari tiga partai Grup C. Mulai 0-7 dari Timnas Jepang, 1-2 dari Timnas Bahrain, dan 1-3 dari Timnas Australia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tertahan di Peringkat Kelima

Sedangkan Timnas Indonesia mampu mengimbangi dua negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi 1-1 dan Australia 0-0.

Kekalahan dari China itu bikin Timnas Indonesia tertahan di peringkat kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin dari empat laga, sama seperti China di juru kunci, tapi dibedakan selisih gol.

Jepang masih menguasai Grup C lewat sepuluh poin, disusul Australia, Arab Saudi, dan Bahrain di posisi ketiga sampai kelima yang sama-sama memperoleh lima angka.

3 dari 6 halaman

Kans Besar

Jika melakukan evaluasi dan menemukan strategi yang tepat, Timnas Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Juara dan runner-up Grup C bakal diberikan tiket ke putaran final.

Selain itu, Timnas Indonesia masih memiliki kans besar untuk menyelinap peringkat ketiga dan keempat, jalan menuju putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jarak dua poin ke Australia di runner-up dan bakal bermain di kandang empat kali lagi dalam enam partai tersisa di Grup C membuat harapan Timnas Indonesia terbuka lebar.

4 dari 6 halaman

3 Laga Wajib Dimenangkan

Timnas Indonesia akan menjamu Jepang pada 15 November 2024, Arab Saudi pada 19 November 2024, Bahrain pada 25 Maret 2025, dan China pada 5 Juni 2024.

Kemenangan atas Arab Saudi, Bahrain, dan China ketika bertindak sebagai tuan rumah wajib hukumnya untuk Timnas Indonesia. Namun, Tim Garuda harus realistis ketika berhadapan dengan Jepang.

Sisanya, Tim Garuda bakal menantang Australia pada 20 Maret 2025 dan Jepang pada 10 Juni 2024.

5 dari 6 halaman

12 Poin Diyakini Aman

Jay Idzes dkk. minimal tidak kalah kontra Australia. Dengan kemungkinan tambahan sepuluh poin, maka Timnas Indonesia bakal memperoleh 12 angka dalam klasemen akhir.

Kalkulasi itu akan melenceng dari target Ketua PSSI, Erick Thohir, yang menginginkan 15 angka. Namun dengan persaingan ketat di Grup C, total poin itu diyakini sudah cukup untuk menjadi tim peringkat ketiga atau keempat.

"Untuk pertandingan berikutnya, kami akan mempersiapkan diri dengan lebih baik," ucap pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

6 dari 6 halaman

6 Laga Tersisa Timnas Indonesia di Grup C Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

15 November 2024: Timnas Indonesia Vs Jepang

19 November 2024: Timnas Indonesia Vs Arab Saudi

20 Maret 2025: Australia Vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025: Timnas Indonesia Vs Bahrain

5 Juni 2025: Timnas Indonesia Vs China

10 Juni 2025: Jepang Vs Timnas Indonesia

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer