Sukses


Cerita Dokter Persebaya Selamatkan Gelandang Persib yang Pingsan di Lapangan

Bola.com, Surabaya - Ada peristiwa menarik yang menyertai duel antara Persib Bandung kontra Persebaya Surabaya. Gelandang asing Persib, Tyronne del Pino, mengalami insiden dalam laga pekan kedelapan BRI Liga 1 2024/2025 itu di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jumat (18/10/2024).

Tyronne del Pino Ramos sempat terkapar pingsan setelah terkena bola dari tendangan keras pemain Persebaya, Andre Oktaviansyah di menit ke-83.

Beruntung tim medis yang berada di pinggir lapangan langsung sigap atas kejadian yang menimpa pemain Persib asal Spanyol tersebut untuk mendapat perawatan. Akibat insiden itu, Tyronne del Pino pun digantikan perannya oleh Adam Alis.

Dokter tim Persebaya, Ahmad Ridhoi, dan fisioterapis Dani Maulana menjadi personel medis pertama yang memberikan pertolongan pada Tyronne del Pino. Beberapa saat kemudian dokter tim Persib datang.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cekatan

Keputusan Ridhoi untuk membantu penanganan medis mendapat banyak pujian. Pasalnya, dia ikut membantu memberikan penanganan medis pemain lawan dalam laga yang berjalan sengit itu.

"Saya dan Dani langsung lari ketika Tyronne jatuh dengan tidak sadar diri. Yang pertama kali kami lakukan memastikan jalan napas tidak tertutup karena lidah sempat tertelan, Dani membantu membuka mulut dan memposisikan miring badan karena mulut susah untuk dibuka," tutur Ridhoi.

"Kemudian saya membangunkan Tyronne dengan menekan tulang mediastinum-nya dan akhirnya dia membuka mata. Saat tim medis persib datang kami membantu asistensi untuk menjaga posisi Tyronne tetep in line karena takut ada trauma di kepala dan leher," ungkapnya.

"Juga mengecek dan memastikan nadi Tyronne masih ada dan kuat angkat. Alhamdulillah, Tyronne ditandu keluar ke ruang medis dengan sadar walau masih tidak seratus persen. Kami dapat kabar setelah pertandingan kondisi Tyronne baik-baik, sudah sadar penuh GCS 456," tutur dokter alumnus Universitas Airlangga itu.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Medis

GCS (Glasgow Coma Scale) 456 adalah istilah medis yang menunjukkan pasien sudah sadar seratus persen, penglihatan, verbal, dan motorik, sudah berfungsi baik.

Pada akhirnya, Persib berhasil menang 2-0 berkat gol yang dicetak Edo Febriansah (22') dan Ciro Alves (71'). Ini juga tak lepas dari peran Tyronne del Pino yang memborong dua assist untuk dua gol kemenangan Persib tersebut.

Sayangnya, hasil ini pertandingan ini membuat Persebaya menelan kekalahan pertama musim ini. Namun, tim asal Kota Pahlawan itu untuk sementara masih menduduki puncak klasemen dengan 17 poin dalam delapan pertandingan.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer