Sukses


Utak Atik Starting Timnas Indonesia Melawan Jepang: Bek Jangan Dirombak Lagi, Butuh yang Solid

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia siap menjadi tamu yang galak bagi Timnas Jepang, saat keduanya saling tikam di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November.

Tak ada alasan untuk kalah. Kemenangan adalah harga mati, meski Jepang bukanlah tim yang mudah dihancurkan.

Kekalahan dari Timnas China meninggalkan beban yang sangat berat bagi tim pelatih yang dikepalai Shin Tae-yong.

Jika saja kemarin bisa memetik angka dari Team Dragons, semangat dan rasa percaya diri Jay Idzes cs. jelang bentrok kontra Samurai Biru pastinya semakin berlipat.

Tapi ya sudahlah, lupakan kekalahan. Kini saatnya mengatur siasat, mengumpulkan semua tenaga, juga pikiran agar bisa tampil maksimal di laga selanjutnya.

Kontra Jepang, dalam laga matchday 5 Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, STY tentunya sudah menyiapkan ragam skenario termasuk 11 starter terbaik Timnas Indonesia.

Ivar Jenner, yang dalam beberapa laga terakhir, jadi andalan di lini tengah, dipastikan absen lantaran akumulasi kartu kuning. Berdasarkan regulasi, pemain yang mengantongi dua kartu kuning otomatis absen dalam satu laga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Belakang Harus Kukuh

Dari semua lini, lini belakang harus benar-benar solid dan kuat. Soalnya, Jepang punya sederet penyereng lapar gol. Tiga kemenangan mereka sebelumnya sangat mengerikan. Menang 2-0 atas Arab Saudi, menggiling Bahrain 5-0, serta menghancurkan China 7-0.

Beruntung, Indonesia punya banyak stok di jantung pertahanan. Hanya saja, antisipasi harus tetap dipikirkan karena segala kemungkinan bisa terjadi di sepanjang pertandingan.

Saat melawan China misalnya, Mees Hilgers, yang bermain sebagai starter tiba-tiba tak kehilatan jelang babak kedua. Ternyata, bek 23 tahun kepunyaan Twente, Belanda, itu ditarik keluar karena cedera.

Tak sedikit yang kaget, namun kegagalan Mees Hilgers mengunci pergerakan Zhang Yuning yang berbuntut gol kedua ke gawang Maarten Paes pada menit ke-44 bisa jadi pemicu kemarahan STY.

3 dari 5 halaman

Starter

Mees Hilgers kemungkinan besar masih masuk starting XI versus Samurai Biru, jika cedera engkelnya sudah pulih. Selain dia, bila Shin Tae-yong menerapkan formasi 3-4-3, Jay Idzes serta Rizky Ridho kemungkinan bakal jadi pilihan pertama.

Kalaupun pada akhirnya Mees Hilgers harus menepi karena masalah kebugaran, maka sosok pengganti yang tepat adalah Jordi Amat jika fit. Kalau tidak, masih ada Wahyu Prasetyo.

Soal penampilan, pilar Persija Jakarta yang masih berusia 22 tahun itu tak perlu lagi diragukan. Ia tampil disiplin, lugas, tegas, dan tanpa kompromi.

Pemain lain yang juga terancam absen adalah Justin Hubner. Seperti Mees Hilgers, Justin Hubner juga masih berkutat dengan masalah kebugaran

4 dari 5 halaman

Situasi Hubner

Shin Tae-yong tak berani memastikan apakah Justin Hubner bisa diturunkan melawan Jepang.

"Walaupun dia kembali bugar, sebenarnya belum dikatakan fit karena perlu pemulihan," kata Shin Tae-yong.

Masih terkait lini belakang, rakyat Indonesia berharap PSSI segera mengebut proses naturalisasi Kevin Diks. Dengan demikian, bek andalan FC Copenhagen, Denmark, sudah bisa diterjunkan pada 15 November nanti.

5 dari 5 halaman

Eliano Reijnders

Yang tak kalah menarik ihwal Eliano Reijnders. Penyerang 23 tahun belum juga menunjukkan pesonanya setelah sempat dimainkan di babak keduaa dalam lawatan ke kandang Bahrain yang berakhir dengan skor 2-2.

Menjamu Jepang, ada peluang Eliano Reijnders akan dimainkan sebagai starter. Ia akan mengisi sisi kiri atau sisi kanan serangan, bahu membahu dengan dua penyerang lainnya yakni Ragnar Oratmangoen serta Rafael Struick.

Kehadiran Eliano Reijnders membuat Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, dan Egy Maulana Vikri terdepak alias tak lagi menjadi pilihan utama.

Siapa pun yang akan dimainkan, baik sebagai starter maupun cadangan, Skuad Garuda harus bisa mencuri poin dari Jepang. Amin!

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer