Sukses


Kiprah Pemain Diaspora Timnas Indonesia Akhir Pekan Lalu: Asnawi Mangkualam Cetak Gol, Saddil Ramdani dan Calvin Verdonk Bantu Tim Menang!

Bola.com, Jakarta - Setelah FIFA matchday Oktober 2024 berakhir, para pemain Timnas Indonesia kembali ke klubnya masing-masing. Namun, tak banyak dari mereka yang langsung mendapatkan kesempatan bermain, bahkan mayoritas terlempar dari daftar susunan pemain.

Sebut saja Maarten Paes, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan, Elkan Baggott menghilang dari daftar susunan pemain klubnya masing-masing. Sementara beberapa lainnya masuk dalam daftar susunan pemain, tetapi tidak dimainkan.

Sandy Walsh ada dalam daftar susunan pemain KV Mechelen ketika menang 3-0 atas Courtrai. Begitu pun Nathan Tjoe A-On saat Swansea City kalah 0-1 di markas Blackburn Rovers. Keduanya tidak mendapat kesempatan sama sekali untuk masuk lapangan.

Lalu bagaimana dengan pemain-pemain Timnas Indonesia lainnya? Ada pemain yang mendapatkan kesempatan sebagai starter, ada pula yang masuk lapangan ketika sebagai pemain pengganti. Bahkan ada pula loh yang mencetak gol. Berikut ulasannya:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam Cetak Gol!

Setelah sempat menjadi sasaran kritik karena permainan yang kurang baik ketika memperkuat Timnas Indonesia melawan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Asnawi Mangkualam kembali ke klubnya dan mendapatkan takdir yang berbeda.

Asnawi Mangkualam yang masuk sebagai pemain pengganti dalam laga tandang yang dijalani Port ke markas Nakhonratchasima, berhasil mencetak gol penentu kemenangan.

Asnawi masuk pada menit ke-77, ketika kedudukan tengah imbang 2-2. Hanya butuh dua menit sejak masuk lapangan, kapten Timnas Indonesia itu langsung mencatatkan namanya di papan skor dan memastikan Port menang 3-2 dalam laga tersebut.

Namun, kabarnya Asnawi Mangkualam mengalami cedera dalam pertandingan tersebut sehingga harus absen sekitar tiga hingga empat pekan ke depan.

3 dari 5 halaman

Saddil Ramdani dan Calvin Verdonk Menikmati Kemenangan

Nama Saddil Ramdani memang sudah cukup lama tidak mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, pemain sayap yang pernah jadi andalan di Tim Garuda itu tampil cukup baik saat dipercaya menjadi starter Sabah FA melawan Perak di Liga Super Malaysia.

Saddil Ramdani beberapa kali membantu timnya membuat peluang lewat set-piece yang dilakukannya, baik dari sepak pojok maupun tendangan bebas.

Meski tidak memberikan kontribusi langsung berupa gol atau assist, Saddil membantu Sabah FA menang 4-2 atas Perak dalam laga tersebut.

<p>Timnas Indonesia - Ilustrasi Calvin Verdonk (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sementara itu, kemenangan juga diraih oleh NEC Nijmegen yang diperkuat Calvin Verdonk. NEC Nijmegen meraih kemenangan telak 3-0 atas Heerenven dalam laga tersebut.

Namun, berbeda dengan Saddil Ramdani yang menjadi starter dan bisa menikmati selebrasi bersama teman-temannya di lapangan, Calvin Verdonk baru masuk lapangan sebagai pemain pengganti ketika timnya sudah unggul 3-0.

Menggantikan Sami Ouaissa yang biasa berposisi sebagai gelandang, Calvin Verdonk masuk memang untuk memastikan keunggulan tiga gol yang dimiliki NEC Nijmegen tetap terjaga tanpa kebobolan. Calvin Verdonk pun berhasil membantu timnya memastikan clean sheet tetap terjaga.

4 dari 5 halaman

Thom Haye, Mees Hilgers, dan Shayne Pattynama Starter, Timnya Main Imbang

Sementara itu, Thom Haye, Mees Hilgers, dan Shayne Pattynama mendapatkan kepercayaan dari pelatihnya masing-masing untuk menjadi starter pada pertandingan akhir pekan lalu. Namun, ketiga pemain Timnas Indonesia itu kompak harus melihat timnya hanya meraih satu poin.

Thom Haye yang menjadi gelandang jangkar Almere City dalam laga tandang ke Sparta Rotterdam, melihat timnya berhasil unggul dua gol lebih dulu dalam 10 menit pertandingan. Namun, pada 10 menit awal babak kedua, Almere City juga kebobolan dua gol.

Thom Haye ditarik keluar pada menit ke-73. Namun, kedudukan imbang 2-2 dalam pertandingan tersebut tidak berubah.

<p>Ilustrasi - Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Beralih ke pertandingan Eredivisie lainnya, Twente yang diperkuat oleh Mees Hilgers bertandang ke markas RKC Waalwijk. Mees Hilgers menjadi starter dan bermain penuh dalam pertandingan tersebut.

Namun, seperti halnya Thom Haye dan Almere City, Twente yang diperkuat Mees Hilgers juga harus puas pulang membawa satu poin setelah bermain imbang 2-2 dalam laga itu.

<p>Bek Timnas Indonesia Shayne Pattynama berlatih di China. (Dok PSSI)</p>

Sementara itu, dari divisi kedua Liga Belgia, Challenger Pro League, Shayne Pattynama mendapatkan kesempatan menjadi starter ketika AS Eupen bertandang ke markas Lommel.

Shayne Pattynama yang ditempatkan di sisi kiri pertahanan berhasil tampil baik. Namun, Shayne kemudian ditarik keluar ketika AS Eupen tengah unggul 1-0.

Saat Shayne tidak ada, justru tim tuan rumah berhasil mencetak gol lewat pemain sayap kanannya, Mohamed Salah El Boukammiri, pada masa injury time. AS Eupen pun harus puas pulang dengan membawa satu poin setelah bermain imbang 1-1.

5 dari 5 halaman

Jay Idzes Starter, Eliano Reijnders Masuk dari Bangku Cadangan, tapi Sama-Sama Kalah

Sementara dari Serie A Liga Italia, Jay Idzes yang memperkuat Venezia mendapatkan kepercayaan menjadi starter melawan Atalanta. Jay Idzes memang sudah menjadi andalan reguler di lini pertahanan timnya.

Namun, Venezia tetap masih kesulitan bersaing di kompetisi tertinggi sepak bola Italia itu. Venezia yang berada di dasar klasemen masih harus mengalami kekalahan 0-2 dari Atalanta dalam laga ini.

<p>Pemain keturunan Timnas Indonesia, Eliano Reijnders. (Dok. Pro Shots/Niels Boersema)</p>

Kembali ke Eredivisie Belanda, ada Eliano Reijnders yang bermain memperkuat PEC Zwolle menjamu NAC Breda. Eliano masuk lapangan saat timnya tertinggal 0-2 dari tim tamu, yaitu pada menit ke-79.

Meski tak bisa membantu banyak, Eliano Reijnders pada akhirnya bisa merayakan gol timnya yang dicetak oleh Kaj de Rooij, dua menit setelah Eliano masuk lapangan. Namun, pada akhirnya PEC Zwolle tetap kalah 1-2 dalam laga tersebut.

Video Populer

Foto Populer