Sukses


Mengenal Miliano Jonathans, Target Naturalisasi Timnas Indonesia Selanjutnya: Suntikan Tenaga di Tengah atau Sayap

Bola.com, Jakarta - Kekalahan dari Timnas China membuat Timnas Indonesia bertekad memenangkan dua laga kandang Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada medio November 2024, kontra Jepang dan Arab Saudi.

Jepang akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia pada 15 November dan empat hari berselang Skuad Garuda melanjutkan duel beratnya versus Arab Saudi.

Timnas Indonesia sendiri saat ini berada di posisi kelima klasemen Grup C dengan torehan tiga poin hasil dari empat laga. Sebelum kalah dari China, Jay Idzes cs. tampil impresif dengan bermain imbang kontra Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Pada laga yang akan mentas di Stadion Utama Gelor Bung Karno Jakarta itu, pasukan Shin Tae-yong akan menurunkan semua pemain terbaiknya, termasuk mengebut sejumlah pemain naturalisasi anyar.

Bergabungnya suntikan amunisi baru diharapkan bisa mendongkrak performa Skuad Garuda pada matchday 5 dan 6 Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Salah satu pemain yang santer diberitakan akan segera di-WNI-kan demi Timnas Indonesia adalah Miliano Jonathans, penyerang Vitesse Arnhem yang bermain di kasta kedua Belanda, Eerste Divisie 2024/2025.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sudah Berkontak dengan PSSI

Gelandang berusia 20 tahun berdarah Depok, Jawa Barat, itu mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait rencana naturalisasi.

Kepada ESPN Netherlands belum lama ini, si lincah itu juga menegaskan kalau ayahnya juga sudah dikontak PSSI.

"Hasil perbincangan saya dengan PSSI atau PSSI dengan ayah saya sejauh ini cukup positif," kata kelahiran 5 April 2004.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, PSSI akan segera mengebut proses naturalisai Miliano Jonathans sama seperti yang mereka lakukan terhadap Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

Kehadiran Miliano Jonathans tentunya akan berdampak kepada daya gedor Timnas Indonesia. Pemain dengan tinggi badan 1,78 cm itu tak hanya mumpuni sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang, tapi juga bisa diplot sebagai penyerang sayap.

3 dari 3 halaman

Bisa Main di Tengah mapun di Sayap

Sejauh ini, pemain yang menurut Transfermarkt bernilai jual Rp8,69 milair tampil cukup kinclong. Sepanjang 2024/2025, Miliano Jonathans sudah hadir dalam 10 pertandingan di ajang Eerste Divisie dengan torehan enam gol dan dua assist.

Torehan tersebut pastinya membuat Shin Tae-yong kepincut dan berharap bisa secepatnya bergabung dengan Jay Idzes dkk.

PSSI jangan berlama-lama, karena bisa saja Miliano Jonathans berubah pikiran karena ia juga punya kans memperkuat Timnas Belanda U-21.

Dengan skema 4-3-3 yang kerap diterapkan Shin Tae-yong, Miliano Jonathans sangat memungkinkan untuk mengisi posisi lini tengah bersama Thom Haye atau Nathan Tjoe-A-On.

Ia juga bisa dimainkankan sebagai penyerang sayap kiri atau saya kanan untuk melancarkan aliran bola kepada dua tombak Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen serta Rafael Struick.

Mengingat Jepang dan Arab Saudi memiliki bek-bek tangguh, sangatlah tepat untuk secepatnya menaturalisasi Miliano Jonathans.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer