Sukses


Ayase Ueda dan 3 Samurai Jepang di Eropa yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia: Kualitas Level Atas!

Bola.com, Jakarta - Feyenoord masih terus berjuang memburu poin demi menjaga persaiangan dalam perburuan gelar Eredivisie 2024/2025. Pada laga terakhir, tim asuhan Brian Priske sukses meraup tripoin usai melibas Go Ahead Eagles 5-1.

Salah satu aktor di balik pesta gol Feyenoord tersebut adalah Ayase Ueda, pemain asal Jepang. Sang striker menyumbang sebiji gol, mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-58.

Adapun Timnas Jepang, yang diperkuat Ayase Ueda sebagai striker utama, akan menjadi lawan Timnas Indonesia pada matchday 5 Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jepang akan bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 15 November mendatang dalam kapasitas sebagai tim terkuat di Grup C, empat laga tanpa terkalahkan.

Samurai Biru dijejali sederet pemain top, beberapa di antaranya berkarier di Eropa, termasuk Ayase Ueda. Tombak 26 tahun ini bergabung dengan Feyenoord pada 2023, memutuskan cabut dari klub papan atas Belgia, Cercle Brugge.

Sejauh ini, Ayase Ueda sudah hadir 34 laga di semua ajang kompetisi bareng Feyenoord dengan torehan delapan gol.

Di putaran ketiga kualifikasi, Ayase Ueda tak kalah sangar. Dalam empat laga, ia sudah mengemas dua gol.

Tak hanya harus mengantipasi Ayase Ueda, Jay Idzes cs. juga wajib untuk mewaspadai bintang Samurai Biru lainnya karena sepak terjang gemilang mereka di liga top teratas Eropa.

Siapa saja?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Wataru Endo

Nama lain yang tak kalah menakutkan bagi Timnas Indonesia, siapa lagi kalau bukan Wataru Endo.

Gelandang pengangkut pasir berusia 31 tahun itu sampai detik ini masih dipercaya memperkuat raksasa Inggris, Liverpool.

Ia datang ke Anfield sejak 2023 menyusul performa gemilangnya kala berseragam VfB Stuttgart, Jerman. Liverpool harus mengeluarkan cuan yang tak sedikit untuk bisa mendapatkan servis Wataru Endo.

Meski belum pernah memenangkan Premier League, tapi musim ini Wataru Endo berpeluang memenangkannya mengingat The Reds masih memuncakli klasemen sementara dan diharapkan bisa bertahan di sana hingga akhir musim.

Kehadiran Wataru Endo di lini tengah pastinya akan menjadi ancaman serius bagi Timnas Indonesia, khususnya bagi Thom Haye selaku motor serangn di lini tengah.

Pada putaran ketiga kualifikasi, Wataru Endo sosok krusial di balik kedigdayaan Samurai Biru hingga menuju posisi teratas.

3 dari 5 halaman

Koki Ogawa

Penyerang berdarah dingin ini kolega Calvin Verdonk di NEC Nijmegen. Keduanya sama-sama tulang punggung di pentas Eredivisie musim ini.

Hanya saja, tanggal 15 November nanti, keduanya bakal saling tikam. Calvin Verdonk di kubu Indonsia, Koki Ogawa di kubu Jepang.

Koki Ogawa merupakan striker dengan kemampuan bertarung di atas rata-rata. Kelihaiannya mencari ruang tembak membuat para pemain bertahan diliputi kengerian akut.

Musim ini, Koki Ogawa sudah mengemas dwigol hanya dalam tujuh laga di kasta tertinggi Belanda.

Meski tak selalu jadi starter di Timnas Jepang, tetapi Koki Ogawa tetap jadi andalan pelatih Hajime Moriyasu.

Dua gol yang ia sumbang di putaran ketiga kualifikasi menjadi bukti betapa 27 tahun itu bakal menjadi predator yang kudu dijaga ekstra ketat oleh Calvin Verdonk serta bek-bek Timnas Indonesia lainnya.

4 dari 5 halaman

Takumi Minamino

Kenyang pengalaman di liga top Eropa membuat Takumi Minamino nyaris tak tergantikan dalam formasi 3-4-2-1 yang kerap diterapkan Hajime Moriyasu membuat eks pemain Red Bull Salzburg dan Liverpool yang kini memperkuat AS Monaco lebih leluasa bergerak untuk mencetak gol.

Ketika Jepang membantai China tujuh gol tanpa balas, Takumi Minamino mencetak brace.

Takumi Minamino tak hanya sangar di sisi kanan serangan, tapi juga cemerlang sebagai gelandang serang.

Sejak diangkut ke Monaco pada 2022, si pendiam 29 tahun ini sudah terlibat dalam 55 laga di semua ajang kompetisi dengan tuaian 11 gol.

Sementara di Timnas Jepang, Takumi Minamino mengantongi 63 caps dengan torehan 23 gol sejak 2015.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Rabu, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer