Sukses


Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Piala Asia U-17 2024 Usai Tahan Australia, Erick Thohir: Catatan Sejarah!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2025. Garuda Muda melengkapi kelolosan Timnas Indonesia level yang lain yang juga berlaga di Piala Asia.

Sebelumnya, Timnas Indonesia dipastikan melaju ke Piala Asia 2027. Selain itu, Timnas Indonesia U-20 juga sudah mendapatkan tiket berlaga di Piala Asia U-20 2025.

Namun, kelolosan Timnas Indonesia U-17 ke Piala Asia U-17 2025 tak lepas dari kontroversi. Hal itu terjadi di laga terakhir Grup G.

Timnas Indonesia U-17 dan Timnas Australia U-17 yang berhadapan di Abdullah Alkhalifa Alsabah Stadium, Mishref, Kuwait, Minggu (17/10/2024) sama-sama tidak mau menang.

Bahkan, jalannya laga sangat membosankan. Terutama di babak kedua, di mana kedua tim tidak ada yang mau menyerang.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Catatan Sejarah

Meski demikian, ketua umum PSSI, Erick Thohir tetap bangga dengan pencapaian Timnas Indonesia U-17 yang menyusul langkah dua Timnas di level yang lebih senior.

Bahkan, Erick Thohir menyebut keberhasilan Timnas Indonesia U-17 melaju ke Piala Asia U-17 2025 sebagai catatan sejarah.

"Ini benar-benar catatan sejarah karena di semua kategori timnas kita bisa berlaga di babak utama Piala Asia. Ini bukti level kita sudah naik dalam waktu yang relatif singkat," ujar Erick dalam keterangan resminya.

"Saya apresiasi kerja keras seluruh pemain, tim pelatih, ofisial, dan pengurus PSSI karena pencapaian ini terwujud berkat kerja keras kolektif dan sesuai program yang dicanangkan," sambung Menteri BUMN itu.

3 dari 4 halaman

Meniru U-23

Sebelumnya Timnas Indonesia U-23 juga bertarung di Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda tampil apik.

Timnas Indonesia U-23 saat itu mampu menjadi semifinalis Piala Asia U-23 2024. Erick Thohir pun menginginkan tim lain meniru langkah Komang Teguh dkk.

"Timnas U-23 telah membuktikan bahwa sebagai debutan bisa melaju ke semifinal dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia, Jordan, dan Korsel. Artinya, timnas Merah Putih lainnya bisa meniru langkah mereka di putaran final Piala Asia nanti," tutur Erick.

4 dari 4 halaman

Dukungan Maksimal

Lebih lanjut, Erick Thohir menegaskan PSSI akan terus memberi dukungan maksimal terhadap kiprah Timnas Indonesia di berbagai level kelompok umur.

'Intinya, PSSI akan siapkan dukungan maksimal sehingga prestasi mereka ikut cemerlang," lanjut Erick," tandasnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer