Sukses


Arteta Disebut Tiru Guardiola saat Hadapi Bournemouth, Ini 3 Buktinya

Bola.com, London - Arsenal ditahan Bournemouth 1-1 pada laga pertama Mikel Arteta sebagai manajer di Vitality Stadium, Kamis (26/12/2019). Pada laga tersebut, fans menilai Mikel Arteta benar-benar meniru Pep Guardiola, mulai dari cara berpakaian hingga taktiknya. 

Mikel Arteta menghabiskan 3,5 tahun dengan bertugas sebagai asisten Guardiola di Manchester City. Artinya, awal kariernya di kepelatihan dihabiskan bersama manajer asal Spanyol tersebut. 

Arteta meninggalkan Guardiola setelah mendapat tawaran dari mantan klubnya, Arsenal. Dia tak berpikir panjang untuk "pulang" ke Emirates untuk mengisi posisi manajer yang masih kosong sejak Arsenal memecat Unai Emery. 

Tak heran, gaya Guardiola masih sangat kental memengaruhi penampilan Arsenal pada debut laganya memimpin Arsenal pada laga Boxing Day tersebut. 

Arsenal tertinggal lebih dulu pada pertandingan itu saat Dan Gosling mencetak gol pada menit ke-35. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai. 

The Gunners baru bisa menyamakan skor pada babak kedua, tepatnya menit ke-63. Gol penyelemat Arsenal dilesakkan Pierre-Emerick Aubameyang. 

Di luar hasil pertandingan, seperti apa kemiripan antara Mikel Arteta dan Pep Guardiola dalam memimpin pertandingan. Berikut ini tiga di antaranya, seperti dilansir Mirror

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Meniru Gaya Berpakaian Guardiola

Fans langsung melihat kemiripan Arteta dan Guardiola bahkan sebelum pertandingan mulai. Gaya berpakaian Arteta saat tiba di kandang Bournemouth benar-benar mirip Guardiola. 

Dia datang ke Vitality Stadium dengan mengenakan jumper turtleneck berwarna hitam. Gaya berpakaian tersebut sering dipakai Guardiola. 

"Arteta meniru outfit Guardiola pada hari pertandingan," tulis seorang fan. 

 

3 dari 4 halaman

2. Tingkah di Pinggir Lapangan

Bukan hanya cara berpakaian, tingkah laku Arteta saat memimpin Arsenal dari pinggir lapangan disebut meniru Guardiola. Misalnya saat dia memberi instruksi dengan gerakan tangan, maupun cara berteriak, dan lain-lain. 

Kemiripan lain terlihat saat Arteta berbicara sembari merangkul Reiss Nelson di pinggir lapangan selepas laga. Dia tetap berjalan sembari berbicara saat kamera televisi menyorotnya. Arteta sama sekali tak melihat ke arah kamera televisi. 

Gaya tersebut dinilai sangat mirip Guardiola yang juga kerap melakakukan hal serupa, yaitu mengabaikan kamera televisi. 

 

 

4 dari 4 halaman

3. Memakai Taktik ala Guardiola

Kemiripan yang ketiga adalah pemilihan taktik Arsenal. Dia menggunakan taktik inverted full-back seperti yang biasa digunakan Guardiola di Manchester City atau dulu di Bayern Munchen. Dengan taktik tersebut, full-back diminta bisa maju lebih ke tengah. 

Dua bek yang mendapat peran tersebut adalah Ainsley Maitland-Niles dan Bukayo Saka. 

 

Sumber: Mirror

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer