Sukses


Peter Schmeichel Tak Kaget dengan Evolusi Permainan Penjaga Gawang: Bakal Terus Berkembang

Bola.com, Jakarta - Peter Schmeichel dikenal sebagai penjaga gawang yang tangguh. Sosok asal Denmark itu dikenal sebagai shot-stopper yang luar biasa.

Manchester United merasakan betul kinerja apik dari Peter Schmeichel. Lima gelar Premier League, dan banyak gelar pada ajang lain menjadi bukti nyata.

Namun, saat ini peran penjaga gawang memiliki perubahan yang sangat masif. Mereka tak hanya harus piawai menangkap atau menahan bola, tetapi juga harus bisa menggunakan kakinya dengan baik.

Rupanya perubahan yang terjadi cukup cepat itu tak membuat Peter Schmeichel tak kaget. Ia justru senang dengan perubahan itu.

"Saya tidak kaget dengan evoluasi peran penjaga gawang seperti yang terjadi sekarang, malah membuat sepak bola menjadi lebih menarik," ujarnya di Jakarta belum lama ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Semakin Berkembang

Peter Schmeichel merasa perubahan akan terus terjadi pada peran penjaga gawang di masa depan. Sebab, belakangan taktik dari pelatih juga terus berkembang.

"Saya rasa evolusi itu malah akan terus berlangsung," katanya.

Schmeichel menyebut perubahan peran penjaga gawang ditujukan untuk membantu tim menciptakan lebih banyak peluang.

"Ide utama dari perubahan itu adalah untuk menciptakan kemungkinan peluang lebih banyak dimulai dari belakang," jelas Schmeichel.

3 dari 4 halaman

Lebih Efektif

Peter Schmeichel mencoba menjelaskan mengenai ide perubahan yang saat ini dialami penjaga gawang. Mereka dilibatkan lebih banyak dalam permainan.

Dengan memulai serangan dari lini paling belakang, sebuah tim bisa bermain lebih efektif. Hal itu bisa digunakan untuk lebih efektif dalam menyerang lawan.

"Dengan dua atau tiga umpan, satu tim bisa melakukan pergerakan yang bagus dibandingkan kiper yang langsung melakukan tendangan gawang ke tengah," jelas Schmeichel.

4 dari 4 halaman

Semakin Jarang Tendangan ke Tengah

Peter Schmeichel merasakan sepak bola dari era 1980-an hingga awal 2000-an. Pada masa awal kariernya, penjaga gawang masih boleh menangkap bola umpan dari rekan setim.

Kini hal itu tak lagi diperbolehkan. Peter Schmeichel bahkan memiliki prediksi menarik mengenai peran penjaga gawang di masa depan.

"Di masa depan saya rasa penjaga gawang akan makin sedikit yang akan menendang bola langsung ke tengah," tandas Peter Schmeichel.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer