Sukses


Hal Ini Ternyata Membuat Manajer Arsenal, Mikel Arteta Menyesal Sampai Sekarang

Bola.com, Jakarta - Arsenal masih berpeluang memenangkan gelar Premier League 2023/2024, meski saat ini mereka berada di posisi kedua klasemen sementara dengan 86 poin.

Perburuan gelar kontra Manchester City belum selesai dan kini memasuki hari-hari terakhir yang mendebarkan.

Jika The Gunners bisa memenangkan satu laga tersisa melawan Everton dan Manchester City kalah dari West Ham United maka bisa dipastikan Meriam London tampil sebagai jawara dengan total 89 poin.

Arsenal terakhir kali menjadi yang terbaik di kasta tertinggi Inggris pada musim 2003/2004 saat masih diarsiteki pelatih legendarisnya, Arsene Wenger.

Jadi bisa dibayangkan betapa sangat senang dan emosionalnya para fans bila Mikel Arteta serta pasukannya bisa menyudahi penantian panjang itu.

Khusus Arteta, juru taktik berusia 42 tahun asal Spanyol tersebut akan selalu dikenang sebagai salah satu pemahat sejarah di Emirates Stadium yang namanya bakal melegenda sepanjang masa.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kisah Mikel Arteta

Tapi, meski pada akhirnya Arsenal harus kembali finis di posisi kedua seperti musim lalu, Arteta tetap layak diacungi jempol karena untuk mendapatkan prestasi tersebut di kompetisi seketat Premier League tidaklah mudah.

Oh ya, ngomong-ngomong soal Arteta, mungkin tak banyak yang tahu soal sepenggal kisah hidupnya.

Belum lama ini, Arteta blak-blakan tentang masa lalunya, terkait kedua orang tuanya. Menurutnya, ia mengaku merasa bersalah atas perceraian orang tuanya selama dia bermain.

Ibunya, Llle-Heilen dan ayahnya, Kalju Aru, berpisah tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-24. Terpukul dengan kabar perpisahan ibu dan ayahnya, Arteta tentu saja sangat bersedih.

Meski begitu, ia tak ingin larut dalam kesedihan. Ia terus melakukan yang terbaik dalam kariernya dengan bergabung dengan klub La Liga Real Sociedad pada musim panas 2004. Ia berharap, kariernya bisa mempersatukan kembali kedua orang tuanya.

 

3 dari 5 halaman

Merasa Bersalah

Pada tahun-tahun sebelumnya, gelandang berkelas ini menghabiskan dua musim untuk mengukir namanya di Rangers, di mana ia menyumbangkan 13 gol dan tiga assist dalam 60 penampilan. Arteta menyukai waktunya di Ibrox dan juga dipuja oleh basis penggemar klub.

Sayangnya, segala sesuatunya tidak berjalan baik bagi keluarganya. Hampir 20 tahun kemudian, Arteta mengaku masih merasa tidak enak dengan apa yang terjadi.

"Saya merasa sangat bersalah. Aku tidak tahu apakah itu karena aku dan usahaku untuk mengejar mimpiku," aku Arteta dalam wawancara dengan BBC Sport.

"Saya merasa sangat bertanggung jawab atas hal itu. Saya tidak pernah merasa bahwa itu adalah keputusan yang tepat untuk kembali ke Spanyol, namun saya mempunyai kewajiban dan saya ingin menghubungkan kembali orang tua dan keluarga saya lagi," imbuhnya.

“Itu adalah sebuah bencana. Itu tidak pernah berhasil dalam hal itu. Saya tidak pernah merasa terhubung setiap saat," ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Momen Terlahir Lagi di Everton

Waktu Arteta di Reale Arena hanya bertahan enam bulan saat ia pindah kembali ke Inggris. Dia diambilalih oleh Everton pada hari batas waktu di jendela transfer Januari 2005.

Awalnya, David Moyes hanya mendatangkan sang gelandang dengan status pinjaman dari raksasa La Liga.

Kepindahannya akan dibuat permanen pada musim panas berikutnya, karena The Toffees mengeluarkan £2 juta untuk mempertahankannya di tim biru Merseyside.

"Langsung saja, Anda terhubung dengan tim; Anda terhubung dengan para pemain; Anda terhubung dengan staf; Anda terhubung dengan suporter dan itu mengalir,” jawab Arteta, ketika ditanya tentang kepindahannya ke Everton.

"Anda merasa percaya diri, Anda merasa bersemangat setiap pagi untuk bangun dari tempat tidur dan pergi berlatih. Saya menyukai setiap menitnya," pungkasnya.

Sumber: Mirror

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer