Sukses


Jadwal Lengkap Piala AFF 2024, Saatnya Timnas Indonesia Pecah Telur!

Bola.com, Jakarta - Jadwal lengkap AFF ASEAN Championshoip 2024. Kembali ikut serta, bisakah Timnas Indonesia meraih trofi perdana di turnamen tersebut?

Federasi Sepak Bola Asia (AFF) dan Mitsubishi Electric mengumumkan Piala AFF berganti nama menjadi AFF ASEAN Championshoip 2024 mulai tahun ini.

AFF juga meluncurkan logo baru untuk Piala ASEAN yang terdiri dari tiga elemen grafis utama. Tenunan persatuan menunjukkan pola persilangan dari gumpalan padi, bahan pokok terpenting di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), yang menjadi ikon utama.

"Dirancang dalam lima warna yang dibagikan oleh berbagai bendera negara-negara ASEAN, ini melambangkan kesatuan dan ikatan 12 anggota AFF yang disatukan dalam semangat persaingan mereka," tulis Piala ASEAN.

Pengundian AFF ASEAN Championship 2024 telah rampung dilakukan di Hanoi, Vietnam, Selasa (21/5/2024) siang WIB. Hasilnya, Timnas Indonesia akan berada di Grup B.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kerap Bersua

Selain Tim Garuda, Grup B juga diisi Vietnam, Filipina, Laos, serta Myanmar. Dari keempat tim itu, Timnas Vietnam bakal menjadi lawan terberat Timnas Indonesia.

Kedua tim sudah sangat sering bertemu belakangan ini, baik di level regional Asia Tenggara, maupun di level Asia. Sejak 2023, Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam telah lima kali saling berhadapan.

Hasilnya, Tim Garuda berhasil meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan. Pertemuan terkini keduanya terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana Timnas Indonesia sukses mencetak empat gol dan tak kebobolan dari dua pertemuan.

3 dari 5 halaman

Format AFF ASEAN Championship 2024

Sama seperti edisi sebelumnya, setiap tim akan menjalani empat pertandingan pada fase grup. Setiap tim akan menjalani dua partai kandang dan dua laga tandang.

Nantinya, hanya akan ada dua tim teratas di penyisihan grup yang berhak melenggang ke semifinal. Babak empat besar bakal berlangsung dalam dua leg, dan juga dengan skema kandang serta tandang.

Dua tim terbaik berhak menembus final, dan akan kembali melakoni pertandingan kandang serta tandang.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Piala ASEAN 2024 akan digelar pada akhir tahun nanti. Berbeda dengan pada dua edisi sebelumnya, Piala ASEAN 2024 tidak akan digelar lintas tahun. Piala ASEAN 2024 dimainkan pada 23 November hingga 21 Desember 2024.

Laga final leg kedua Piala ASEAN 2024 akan dimainkan pada 21 Desember 2024. Sampai saat ini, belum ada uraian jadwal lebih rinci dari pihak AFF soal Piala ASEAN 2024.

Jadwal Piala ASEAN 2024 mungkin akan bersamaan dengan BRI Liga 1 2024/2025. Jika itu terjadi, perlu ada kompromi antara PSSI dan klub agar Timnas Indonesia bisa tampil dengan komposisi pemain terbaik di Piala ASEAN 2024.

 

5 dari 5 halaman

Hasil Undian

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer