Sukses


Netizen Negeri Jiran Heboh Bintang Arsenal, Emile Smith-Rowe Punya Darah Malaysia dari Neneknya, Gas Lah Dinaturalisasi!

Bola.com, Kuala Lumpur - Netizen Negeri Jiran heboh ketika mengetahui gelandang Arsenal, Emile Smith-Rowe, mempunyai darah Malaysia dari neneknya.

Beberapa media Malaysia mulai dari Stadium Astro hingga Berita Harian mengutip jawaban Emile Smith-Rowe kepada akun media sosial, FR Future Talents, terkait kabar keturunan Malaysia.

"Dear FR Future Talents. Saya harap Anda dalam keadaan baik. Saya senang untuk menjawab pertanyaan Anda tentang latar belakang saya dan perpaduan indah antara akar Malaysia dan Jamaika dalam keluarga saya," tulis Emile Smith-Rowe.

Emile Smith-Rowe lahir di Croydon, Inggris, pada 28 Juli 2000. Nenek via ibunya berasal Negeri Sembilan, Malaysia. Sementara, ayahnya berdarah Jamaika.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bisa Bela Malaysia?

"Benar sekali, nenek saya dari pihak ibu lahir di Malaysia, lebih tepatnya di Rembau, Negeri Sembilan, jika saya tidak salah," imbuh Emile Smith-Rowe.

"Jadi, itu membuat saya memiliki hubungan dengan Malaysia. Selain itu, dari pihak ayah, saya juga bangga dengan warisan Jamaika saya," ucap Emile Smith-Rowe.

Soal kemungkinan membela Timnas Malaysia atau Timnas Jamaika, Emile Smith-Rowe tidak menutup kemungkinan. Namun, pemain berusia 23 tahun ini tidak tahu apakah opsi itu bisa diambil.

3 dari 5 halaman

3 Caps dengan Inggris

Emile Smith-Rowe sudah tiga kali membela Timnas Inggris. Penampilan terakhirnya terjadi pada Maret 2022 ketika berhadapan dengan Timnas Pantai Gading dalam uji coba.

Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga berbunyi "Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun."

Sewaktu dimainkan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, melawan Pantai Gading untuk menggantikan Jack Grealish pada menit ke-62, Emile Smith-Rowe telah berumur 21 tahun 8 bulan.

4 dari 5 halaman

Bangga dengan Darah Malaysia dan Jamaika

"Saya tidak tahu apakah saya masih bisa mewakili Malaysia atau Jamaika lagi karena saya sudah pernah tampil dengan Inggris. Namun, saya tetap bangga dengan latar belakang saya," kata Emile Smith-Rowe.

Emile Smith-Rowe telah menjadi bagian dari Arsenal sejak 2010 dan dipromosikan ke tim utama pada 2018. Namun belakangan, ia kehilangan tempat reguler di Emirates Stadium.

Pada musim lalu, Emile Smith-Rowe hanya diberikan kesempatan 19 kali berlaga di berbagai kejuaraan dengan nol gol dan dua assist. Dia kalah bersaing dengan Gabriel Martinelli, Martin Odegaard, hingga Kai Havertz.

Sumber: FR Future Talents

5 dari 5 halaman

Pengakuan Emile Smith-Rowe

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Emile Smith Rowe adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Arsenal.
    Emile Smith Rowe adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Arsenal.
    Emile Smith Rowe adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Arsenal.

    Emile Smith-Rowe

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • SportBites

  • Timnas Malaysia

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer