Sukses


5 Pesepak Bola Top yang Belum Pernah Main di Olimpiade: Apes Banget

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Olimpiade terasa sedikit aneh, tetapi indah. Itu adalah turnamen untuk pemain di bawah usia 23 tahun, dengan ditambah pemain-pemain veteran kelas dunia. 

Sepak bola Olimpiade menjadi tempat pemain-pemain muda belajar dari veteran-veteran yang hebat. Jadi, meskipun Olimpiade kalah gebyar dibanding Piala Dunia, banyak pesepak bola serius mengejar medali emas. 

Namun, beberapa pesepak bola hebat tidak pernah bermain di Olimpiade. Ada berbagai alasan di baliknya. 

Berikut ini lima legenda yang tak pernah bermain di Olimpiade

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Pele

Komite Olimpiade Internasional tidak mengizinkan pesepak bola profesional untuk berkompetisi di Olimpiade hingga edisi 1984 di Los Angeles, saat Pele berusia 43 tahun dan pensiun.

Meski begitu, negara-negara UEFA dan CONMEBOL hanya diperbolehkan menurunkan pemain yang belum pernah bermain di Piala Dunia, hal yang sering dilakukan Pele. Piala Dunia adalah kesukaan Pele. Jadi, Pele tidak pernah merasakan bermain di Olimpiade. 

Rasanya ada yang salah karena Pele tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk meraih medali emas di Olimpiade.

IOC bahkan menobatkan Pele sebagai Atlet Abad Ini pada 1999, sejujurnya rasanya seperti sebuah kejutan.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Roque Santa Cruz

Roque memang mencatatkan 112 caps untuk Paraguay, sedangkan Ian McKellen tidak memiliki caps untuk Inggris sejauh yang kami tahu.

Santa Cruz memang bermain di turnamen untuk kualifikasi awal Olimpiade, tetapi Paraguay tidak berhasil lolos. Jadi, ia tidak pernah merasakan bermain di Olimpiade. 

 

4 dari 6 halaman

3. Clint Dempsey

Satu-satunya Olimpiade yang diikuti oleh tim putra AS di era Dempsey adalah pada 2008, saat Dempsey sudah dianggap sebagai pemain yang sudah berusia lanjut. Untuk alasan yang paling mereka ketahui, penyeleksi memilih Brad Guzan, Michael Parkhurst, dan Brian McBride, sebagai pemain veteran. 

Padahal saat itu, dia baru saja menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak Liga Premier bersama Fulham. Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa Brian McBride juga bermain untuk Fulham saat itu.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Kaka

Legenda AC Milan ini memenangi Piala Dunia, Ballon d'Or, Liga Champions, La Liga, dan Serie A. Tapi, dia tidak pernah bermain di Olimpiade dan, yang mengejutkan, tidak pernah tampil di Copa America.

Setiap negara dapat menyebutkan hingga tiga pemain berusia di atas 23 tahun atau lebih pada saat pemilihan skuad Olimpiade. Pada 2008, Brasil hanya membawa dua pemain berusia lanjut ke Olimpiade—Ronaldinho dan Thiago Silva. Entah apa alasan Kaka tidak dipanggil. 

Selecao kalah 0-3 dari Argentina di semifinal.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Andres Iniesta

Andres Iniesta tidak pernah berkompetisi di Olimpiade, fakta yang mengejutkan. Padahal ia masuk ke bergabung ke Barcelona pada usia 18 tahun.

Entah apa yang terjadi sehingga Andres Iniesta tidak masuk skuad Spanyol untuk Olimpiade. 

Sumber: Planet Football 

Video Populer

Foto Populer