Sukses


Boleh Juga Nih! Timnas Inggris Buka Peluang Besar Dibesut Pelatih Asing

Bola.com, London - Timnas Inggris sedang dalam kekosongan pelatih kepala pascapengunduran diri Gareth Southgate. Ia meletakkan jabatannya setelah The Three Lions kalah dari Spanyol di final Euro 2024.

Federasi sepak bola Inggris atau FA kini sedang mencari penggant Southgate. Menariknya adalah FA memberikan kebebasan bagi pelatih dari manapun termasuk orang asing yang bisa menukangi Timnas Inggris.

Kontrak Southgate sebenarnya masih berlaku hingga akhir tahun ini. Namun ia mengajukan pengunduran diri yang membuat Ketua FA Mark Bullingham, punya lebih banyak waktu untuk mencari pengganti yang tepat.

Manajer Newcastle Eddie Howe adalah salah satu favorit untuk menerima pekerjaan itu, begitu pula Graham Potter, yang menganggur sejak meninggalkan Chelsea 16 bulan lalu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tunjuk Pelatih dari Luar Inggris

Namun, FA kini dilaporkan telah membuat keputusan besar yang mungkin akan merekrut kandidat lain. Menurut The Guardian, FA telah memberikan persetujuan resmi untuk penunjukan manajer asing.

Bullingham mendapat dukungan dari sembilan anggota dewan di FA untuk mendekati kandidat pelatih asing sebelum memulai proses perekrutan. Dewan tersebut dilaporkan mendukung permintaan Bullingham tanpa melakukan pemungutan suara, meskipun ada beberapa penolakan.

Keputusan tersebut menunjukkan bahwa FA terbuka untuk melanggar tradisi dengan menunjuk manajer asing. Sven-Goran Eiksson dan Fabio Capello adalah dua manajer non-Inggris yang pernah memimpin The Three Lions.

3 dari 4 halaman

Bisa Contoh Timnas Inggris Putri

Timnas Inggris perlu mencontoh keberhasilan Sarina Wiegman memimpin skuad Inggris putri menjuarai Kejuaraan Eropa Wanita 2022 dijadikan contoh sisi positif dari mempekerjakan pelatih asing.

Keputusan FA dapat mengakibatkan penunjukan salah satu dari Mauricio Pochettino atau Thomas Tuchel, dua kandidat asing terkemuka.

Pep Guardiola dan Jurgen Klopp juga telah dikaitkan dengan pekerjaan tersebut, meskipun Jurgen Klopp telah mengesampingkan dirinya dari pencalonan tersebut.

4 dari 4 halaman

Lee Carsley Naik Pangkat

Bullingham dan direktur teknik FA, John McDermott, akan menyusun daftar pendek dan melakukan wawancara sebelum kembali ke dewan FA untuk diseleksi.

Manajer Inggris U-21 Lee Carsley, diperkirakan akan mengambil alih sementara Timnas Inggris menghadapi pertandingan UEFA Nations League melawan Republik Irlandia pada 7 September 2024.

Sumber: Sportbible

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer