Sukses


Deretan Pemain Baru yang Bisa Mengguncang Premier League 2024 / 2025: Dari Leny Yoro sampai Riccardo Calafiori

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2024/2025 akan digelar mulai 17 Agustus mendatang. Masih ada waktu kurang dari dua pekan ke depan bagi 20 tim peserta mempersiapkan diri dengan lebih maksimal.

Manchester City menyandang predikat juara bertahan Liga Inggris. Disusul Arsenal sebagai runner-up.

Semua tim telah melakukan perombakan skuadnya dengan mendatangkan pemain baru. Terutama pemain yang didatangkan dari klub luar Inggris, dan akan menjalani kiprah untuk pertama kalinya di Liga Inggris.

Berikut ini beberapa pemain debutan di Liga Inggris 2024/2025 yang layak dinantikan aksinya versi Bola.com:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Riccardo Calafiori

Runner-up Liga Inggris musim lalu, Arsenal berhasil mengamankan tanda tangan bek tangguh Ricardo Calafiori. Ia tampil bersinar bersama Bologna musim lalu dan Timnas Italia di Euro 2024. Dia kemudian menjadi rebutan sejumlah klub Eropa di bursa transfer musim panas ini.

Namun, Arsenal berhasil memenangkan perburuan Calafiori. The Gunners telah mencapai kesepakatan dengan Bologna untuk transfer Calafiori.

Arsenal akan menebus Calafiori seharga 40 juta euro plus 5 juta euro dalam bentuk add ons. Sang bek akan dikontrak selama lima tahun.

Sebelum di Bologna, Calafiori merupakan seorang bek kiri konvensional, yang memiliki kecepatan dan kemampuan umpan silang yang baik.

Namun, di bawah asuhan Thiago Motta, ia diubah menjadi bek tengah, yang mampu bermain dalam formasi tiga atau empat bek, di mana kecepatan, kekuatan, dan tinggi badannya mampu menyulitkan lawan-lawannya.

Jangkauan operannya yang fantastis dan kemampuannya untuk memulai serangan telah banyak dipuji, dengan beberapa orang menyamakan sang pemain dengan bek legendaris Paolo Maldini dan Sergio Ramos.

Menurut situs Opta, Calafiori berada di urutan kedua dalam hal perebutan bola per 90 menit (7.5), kelima dalam hal intersep (1.9), keempat dalam hal jumlah umpan (5), dan kesembilan dalam hal operan (68.6).

Yang paling menonjol, Bologna memenangkan 16 pertandingan dan hanya kalah tiga kali dari 30 pertandingan liga yang diikuti oleh sang bintang muda.

3 dari 5 halaman

Leny Yoro

Manchester United mengambil langkah berani dengan menggaet Leny Yoro. Pemain muda berusia 18 tahun asal Prancis dari klub Lille ditebut dengan mahar 62 juta euro plus bonus 8 juta euro. Yoro menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Leny Yoro bakal menjadi kekuatan baru di jantung pertahanan MU. Sebab ia memiliki statistik menawan ketimbang para defender The Red Devils yang ada sekarang ini.

Yoro menjadi salah satu pemain muda paling menarik dan bermain 32 kali di Ligue One musim lalu. Dengan postur menjulang setinggi 190 cm, Yoro layak menjadi pengganti Raphael Varane setelah meninggalkan Man United. Squawka menganalisis bahwa Yoro mampu melewati stasitik dari Lisandro Martinez, Harry Maguire, Victor Lindelof, dan Jonny Evans.

Leny Yoro sangat tenang dengan kemampuan membaca permainan lawan yang luar biasa. Yoro sangat mengesankan secara posisi dan juga memiliki kecepatan pemulihan yang penting untuk bangkit dan melakukan tekel.

Dan yang terpenting, ia tampak nyaman menguasai bola setelah menyelesaikan 1.727 umpan untuk Lille di Ligue One musim lalu. Sebuah rekor untuk jumlah umpan pemain remaja di lima liga top Eropa. Sayangnya ia dibekap cedera dalam pramusim dan harus menepi hingga tiga bulan ke depan.

4 dari 5 halaman

Marc Guiu

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Marc Guiu. Chelsea tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan jasa Guiu di musim panas ini. Mereka hanya membayar sekitar enam juta Euro ke Barcelona untuk mendapatkan jasa sang pemuda 18 tahun.

Marc Guiu merupakan produk asli akademi ternama milik Barca, La Masia. Musim 2023/2024 kemarin, Guiu mendapat kepercayaan dari Xavi untuk bermain di tim utama.

Dalam tujuh pertandingan bersama tim utama Barca, Marc Guiu tercatat mencetak dua gol, termasuk gol debutnya di pentas akbar Liga Champions ke gawang Royal Antwerp, Desember 2023 lalu.

Sayangnya, persaingan untuk mendapatkan tempat utama di lini serang Barca sangat ketat. Alhasil, Guiu lebih sering menjadi pemain reguler di Barcelona B, di mana ia mencetak enam gol dalam 17 penampilan.

Guiu sempat bermain untuk Timnas Spanyol U-17 di Piala Dunia U-17 2023 yang diselenggarakan di Indonesia.

5 dari 5 halaman

Intip Persaingan di Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer