Sukses


Liga Inggris: Kenapa Chelsea Doyan Mengontrak Pemain dengan Durasi Panjang?

Bola.com, Jakarta - Setelah Todd Boehly membeli Chelsea, klub tersebut sangat sibuk di bursa transfer. Mereka tidak hanya menghabiskan banyak uang dengan membawa pemain seperti Cole Palmer, Enzo Fernandez dan Mykhailo Mudryk ke Stamford Bridge, tetapi mereka juga telah mengunci para pemain ini ke kontrak yang luar biasa panjang.

Menurut The Athletic, beberapa pemain Chelsea menyesal dengan kontrak jangka panjang tersebut. Tetapi menurut seorang ahli keuangan sepak bola, apa yang dilakukan The Blues adalah 'taktik' mengakali pelanggaran finansial.

Beberapa tahun terakhir sangat naik-turun untuk Chelsea. Mereka menghabiskan lebih banyak uang daripada yang pernah mereka miliki, merekrut beberapa pesepak bola paling menjanjikan di planet ini, tetapi mereka belum begitu sukses.

Chelsea finis di luar empat besar dalam dua musim terakhir dan sementara mereka telah diperkirakan untuk bangkit kembali tahun ini, tidak ada jaminan klub akan membalikkan keadaan.

Chelsea belum menemukan formula kemenangan di lapangan, namun mereka menaruh kepercayaan besar pada angka-angka yang mereka tandatangani baru-baru ini. Kontrak jangka panjang Cole Palmer membuatnya akan bertahan di Stamford Bridge setidaknya sembilan tahun.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ada Alasannya

Fernandez dan Mudryk menandatangani kesepakatan dengan jangka waktu yang sama dengan Palmer ketika mereka bergabung dengan Chelsea. Kepercayaan pada bintang-bintang untuk memainkan peran kunci ke depan ternyata ada maksud lain.

Saat menjual pemain, total biaya dicatat segera dan ditambahkan ke catatan keuangan klub. Namun, hal berbeda ketika membeli pemain, di mana biayanya 'diplafonkan' sepanjang kontrak. Jadi, semakin lama kesepakatan, semakin panjang plafonnya. Dengan begitu, pengeluaran mereka setiap tahun tidak sebanyak yang dibayangkan.

"Transfer sepak bola dicatat secara asimetris. Artinya, mereka tidak dicatat dengan cara yang sama saat menjual pemain seperti saat membeli pemain. Ketika Anda membeli pemain yang masuk ke akun dan dengan biaya pemain, biaya transfer tersebar selama durasi kontrak, itu diamortisasi selama durasi kontrak," kata Tom Bason, pakar keuangan sepak bola di Coventry University.

"Katakanlah sebuah klub membeli pemain seharga £20 juta dan pemain tersebut menandatangani kontrak lima tahun, alih-alih merugikan klub £20 juta di rekening, biayanya teramortisasi selama £4 juta setiap tahun selama lima tahun kontrak itu, ditambah dengan biaya transfer £20 juta."

 

3 dari 4 halaman

Risiko Tinggi

Dengan kesepakatan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun, nilai-nilai para pemain dipandang berbeda dibandingkan dalam kebanyakan kasus normal. Bason mengungkapkan bahwa masalah dengan metode ini adalah bahwa The Blues membayar sebagian dari nilai pemain setiap tahun, sehingga mereka akan berjuang untuk menghasilkan keuntungan bagi pemain jika mereka menjualnya.

"Karena mereka memiliki kontrak yang panjang seperti itu, Chelsea berisiko mengalami kesulitan finansial mengingat. Jadi katakanlah seseorang seperti Mudryk, misalnya, mengatakan bahwa Chelsea menghabiskan biaya £80 juta untuk kontrak delapan tahun, Chelsea kehilangan £10 juta setahun.

"Mudryk sekarang akan bernilai £65 juta di rekening setelah kontraknya berjalan 18 bulan. Itu berarti bagi Chelsea untuk mendapatkan keuntungan, mereka harus menjualnya dengan harga lebih dari £65 juta. Jadi itu mungkin masalah yang didapat Chelsea dengan memiliki kontrak yang panjang dan jika seorang pemain tidak bermain bagus, akan sulit melepasnya ke klub lain."

Sumber: Mirror

4 dari 4 halaman

Kontestan Liga Inggris 2024/2025

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer