Sukses


Inilah 6 Perubahan Peraturan Terbaru di Liga Inggris 2024 / 2025

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2024/2025 akan dimulai akhir pekan ini. Premier League telah merevisi beberapa peraturan yang tentunya diharapkan bisa membuat jalannya kompetisi lebih baik lagi.

Keindahan sepak bola adalah bahwa permainan tidak pernah berhenti berkembang. Kekuatan yang bertanggung jawab atas olahraga selalu mencari cara untuk memperbaikinya.

Hal ini telah dilakukan melalui penerapan berbagai aturan selama bertahun-tahun. Permainan yang dibuat lebih dari 150 tahun yang lalu ini telah mengalami perubahan seiring perkembangan zaman.

Beberapa aturan telah diterima dengan lebih baik daripada yang lain, tetapi tidak sedikit pula yang mendapatkan kritikan dari segala penjuru. Nah, akankah enam perubahan peraturan di Liga Inggris 2024/2025 akan membuat segalanya lebih baik?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pengumuman Starting XI

Untuk waktu yang lama, tim tidak dapat mengungkapkan susunan pemain mereka sampai 60 menit sebelum mereka dijadwalkan untuk memainkan pertandingan. Ini terlepas dari kenyataan bahwa manajer kemungkinan memutuskan timnya jauh lebih awal pada hari itu.

Nah, tahun ini, itu akan berubah. Mulai awal musim 2024/2025, tim-tim Liga Inggris akan diizinkan untuk berbagi XI awal mereka dengan para penggemar 75 menit sebelum pertandingan. Tambahan 15 menit mungkin tidak membuat banyak excitement, tetapi itu adalah sesuatu yang patut dicoba.

 

3 dari 6 halaman

5 Pemain Boleh Warming Up

Setelah pandemi, jumlah pergantian pemain yang boleh dilakukan klub-klub Liga Inggris dalam satu pertandingan ditingkatkan dari tiga menjadi lima. Musim ini, jumlah pemain yang diizinkan untuk pemanasan di touchline pada saat yang sama telah ditingkatkan dari tiga menjadi lima juga.

Sebelumnya, hanya tiga pemain yang diizinkan untuk melakukan pemanasan di touchline sekaligus, dan tim harus merotasi siapa yang mereka miliki untuk mempersiapkan potensi pengenalan ke dalam permainan. Itu akan mengubah musim ini dengan lima pemain diizinkan untuk mengambil bagian pada saat tertentu.

 

4 dari 6 halaman

Jumlah Bola

Tidak, maksudnya bukan jumlah bola yang digunakan saat pertandingan berlangsung. Aturan ini berbicara tentang jumlah bola yang harus disiapkan oleh ofisial setiap kali bola perlu diganti. Daripada melihat waktu tertunda karena perlu beberapa saat untuk mengambil bola, sekarang akan disiapkan 15 bola dalam sebuah pertandingan.

Hal ini akan sangat membantu dalam menghilangkan momen-momen ketika pertandingan tertunda karena harus menunggu bola dikirimkan kembali ke para pemain di lapangan.

Soal Injury Time

Musim lalu sering kita melihat injury time yang durasinya luar biasa panjang. Nah sekarang, wasit hanya mulai menghitung detik yang terbuang mulai 30 detik setelah gol dicetak.

Ini memungkinkan kedua tim untuk kembali ke posisi, tetapi setiap selebrasi yang berlebihan akan dibuat catatan dan waktu itu akan dimainkan di akhir setiap pertandingan.

 

5 dari 6 halaman

Handball di Kotak Penalti

Satu aturan besar yang akan berubah musim ini adalah hukuman buat pemain yang melakukan handball di kotak penalti. Meskipun hukuman masih akan diberikan, mereka yang dianggap melakukan pelanggaran secara tidak sengaja tidak akan secara otomatis diberikan kartu kuning seperti yang sudah-sudah.

Sebaliknya, wasit akan menilai situasi seperti mereka akan melakukan pelanggaran biasa di dalam area. Mereka harus diberi sanksi dengan cara yang sama seperti pelanggaran yang merupakan upaya untuk memainkan bola atau tantangan untuk bola. Ini akan menghilangkan risiko kartu kuning atau merah yang tidak adil bagi pemain yang benar-benar tidak berniat melakukan pelanggaran handball.

 

6 dari 6 halaman

Tentang Tendangan Penalti

Akan ada beberapa perubahan peraturan yang mungkin berdampak pada proses pengambilan penalti di Liga Inggris juga. Pertama, akan ada aturan baru yang menentukan bahwa bagian bola harus benar-benar mengenai titik putih.

Kedua, akan ada peraturan baru untuk meminimalisasi gangguan. Misalnya, jika seorang pemain bertahan memasuki kotak sebelum bola penalti ditendang, itu akan dianggap gangguan, dan penalti akan diambil kembali.

Demikian pula, jika pemain ofensif memasuki kotak lebih awal dan mengambil bola rebound untuk mencetak gol itu juga akan dianggap sebagai pelanggaran. Ini jelas hanya akan dimainkan jika tendangan penalti berhasil diselamatkan.

Jika seorang penjaga gawang dianggap telah keluar dari garisnya sebelum penalti diambil dan itu berdampak pada tembakan yang gagal, itu akan dianggap gangguan dan tendangan penalti akan diambil kembali.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer