Sukses


Liga Inggris: Liverpool Menang di Markas Ipswich, Arne Slot Kesal dengan Penampilan pada Babak Pertama

Bola.com, Jakarta - Pekan pertama Liga Inggris 2024/2025 mulai serentak dimainkan. Liverpool menang 2-0 atas tuan rumah Ipswich melalui gol Diogo Jota dan Mohamed Salah di Stadion Portman Road, Sabtu (17/8/2024).

Bos baru Liverpool, Arne Slot mengungkapkan ruang ganti tandang di Portman Road bukanlah tempat yang menyenangkan bagi timnya, terutama di babak pertama. The Reds kesulitan mencetak gol dalam 45 menit pertama, meski mendominasi permainan.

Dari 53 duel yang dilakukan pada 45 menit pertama, Ipswich memenangkan 58 persennya. Sebagian besar duel tersebut dimenangkan oleh penyerang tengah Ipswich Liam Delap, yang menyulitkan Jarell Quansah.

Slot melihat masalah itu dan tidak membuang waktu untuk menggantikan Quansah saat turun minum dengan Ibrahima Konate. Pergantian ini bukan karena sang pemain mengalami cedera, itu murni taktis.

Kekuatan dan pengaruh pemain Prancis itu membantu Liverpool mendapatkan kembali kendali dengan menghentikan aliran masuk ke Delap dan menjadi landasan bagi performa babak kedua mereka yang meroket. Konate membantu rasio kemenangan duel mereka melonjak menjadi 55 persen setelah jeda.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Harusnya Lebih dari 2 Gol

Hasil 2,61 ekspektasi gol dari 15 tembakan di babak kedua, 13 di antaranya dari dalam kotak penalti menghasilkan dua gol dan tiga poin untuk Slot sebagai taktik Liverpool yang memanfaatkan permainan Ipswich yang sangat berisiko yaitu bertahan satu lawan satu melawan Luis Diaz dan Mohamed Salah.

"Saya berkata kepada mereka di babak pertama jika ingin menang di sini, berarti harus memenangkan duel dan menjadikannya pertarungan. Konate membantu kami saat ia memenangkan duelnya langsung melawan pemain nomor sembilan dan itu memberi kami penguasaan bola. Kami seharusnya mencetak lebih dari dua gol," ujarnya dikutip dari Sky Sports.

"Saya harus memberikan pujian kepada Ipswich karena mereka agresif dan tidak takut di seluruh lapangan, mereka memenangkan lebih banyak bola kedua dan duel di babak pertama. Itu sebabnya pertandingan berjalan seimbang. Di babak kedua kami memenangkan lebih banyak duel dan bermain."

"Ini bukan pertama kalinya dalam sembilan tahun Liverpool bermain bagus. Saya mewarisi tim yang sangat bagus dengan individu-individu hebat. Namun para pemain harus memahami bahwa itu saja tidak cukup di babak pertama. Jika mereka bermain sesuai kemampuan mereka, kapasitas maksimal maka mereka bisa menjadi sangat bagus. Senang melihat gol yang kami cetak."

3 dari 4 halaman

Masih Penyesuaian

Banyak pengamat yang ingin menilai betapa berbedanya penampilan tim Liverpool di bawah Arne Slot. Meski secara umum, cara Liverpool menyerang masih mencerminkan gaya sepak bola Klopp.

Bintang The Reds, Mohamed Salah yang mencetak gol dan membantu gol pembuka Jota, ditanya tentang perubahan gaya dari Klopp ke Slot.

"Ini sangat berbeda. Jurgen berada di tim selama delapan tahun, dia memberikan segalanya, sekarang ada manajer baru dan sistem baru. Ini sangat berbeda bagi kami semua, kami perlu beradaptasi. Kami hanya perlu untuk mengetahui cara bermainnya dan menikmati sepak bola," ujar Salah kepaa TNT.

"Kami tidak perlu memberikan tekanan lebih padanya, kami hanya perlu bermain sepak bola dan menikmati permainan kami. Mari kita lihat pada akhirnya."

Sumber: Sky Sports

4 dari 4 halaman

Lihat Peta Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer