Sukses


7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Jose Mourinho: Zlatan Ibrahimovic dan David Luiz Bikin Untung

Bola.com, Jakarta - Selera Jose Mourinho dalam memilih pemain tidak selalu tepat. Terkadang, pilihannya sulit diterima banyak orang. 

Jika klub mendukungnya di bursa transfer, biasanya kesuksesan di lapangan akan mengikuti. Namun, sihir Jose Mourinho dalam memilih pemain mulai memudar dalam beberapa tahun terakhir. 

Pelatih asal Portugal tersebut kini menepi ke Turki, untuk menangani Fenerbahce. Sebelumnya, ia tidak terlalu moncer bersama Tottenham Hotspur dan AS Roma. 

Namun, pada puncak karirnya, The Special One akan mempersembahkan gelar liga dan trofi di kompetisi Eropa tanpa ragu selama dia mendapatkan pemain yang diinginkannya.

Lalu, siapa saja pemain termahal yang pernah dijual Jose Mourinho dan bagaimana nasibnya sekarang? Berikut yang menempati peringkat tujuh teratas. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

8. Kevin De Bruyne

Mungkin kesalahan terbesar dalam karier Mourinho adalah mengabaikan De Bruyne yang masih muda pada 2014. Ia menyetujui penjualan De Bruyne ke Wolfsburg hanya dengan banderol 18 juta pounds.

Setelah hanya satu musim di Jerman, sang playmaker kembali ke Inggris bersama Manchester City, menandatangani kesepakatan senilai 54 juta pounds. Harga tersebut dianggap sebagai lelucon. Namun, De Bruyne membungkam semua kritik. 

Selama sembilan tahun bersama Man City, ia merebut enam gelar Premier League, satu trofi Liga Champions, dan dua penghargaan Pemain Terbaik Premier League.

Menariknya, Mourinho sejak itu mengklaim sebenarnya tidak ingin menjual De Bruyne. Ia mengklaim masih ingin mempertahankan De Bruyne, tetapi pemain Belgia itu sendirilah yang ingin hengkang. 

3 dari 9 halaman

7. Morgan Schneiderlin

Salah satu pemain yang direkrut Louis Van Gaal di Manchester United adalah Schneiderlin. Namun, kariernya redup di Old Trafford. 

Kesepakatan senilai 25 juta pounds dipandang sebagai kesepakatan yang cerdas pada saat itu. Tetapi, pemain Prancis tersebut kesulitan di MU dan tak banyak dilirik di era Mourinho.

Schneiderlin dijual ke Everton seharga 20 juta pounds pada Januari 2017. MU untung sebesar £5 juta.

Konten berlanjut di bawah

Schneiderlin menghabiskan tiga tahun bersama The Toffees sebelum kembali ke Prancis bersama Nice. Ia  baru saja mengumumkan pensiun pada usia 34 tahun setelah sempat bermain di Australia, Turki, dan Yunani.

4 dari 9 halaman

6. Andre Schurrle

Schurrle bergabung ke Chelsea dengan harga sekitar 18 juta pounds pada musim panas yang sama ketika Mourinho kembali ke Stamford Bridge. Ia menikmati musim pertama yang apik sebelum memperkuat Jerman untuk menyabet trofi Piala Dunia 2014.

Dia membukukan 14 penampilan di musim kedua, namun hengkang di tengah jalan setelah hanya 18 bulan di Chelsea. Schurrle kembali ke Jerman bersama Wolfsburg.

The Blues mendapat sedikit keuntungan karena menjualnya dengan harga 22 juta pounds. 

Setelah berkarier di Borussia Dortmund, Fulham dan di Rusia, pemain sayap ini secara mengejutkan mengumumkan pengunduran diri dari sepak bola pada 2020. Saat itu usianya baru 29 tahun/ 

Saat ini dia mendaki gunung dan melakukan olahraga ekstrem dan mendokumentasikannya di YouTube dan Instagram. 

5 dari 9 halaman

5. Arjen Robben

Tawaran senilai 7 juta pounds dari Manchester United untuk memboyong Arjen Robben ditertawakan oleh PSV pada 2004. Chelsea yang akhirnya berhasil merekrut Robben seharga 12 juta pounds menjelang musim 2004/2005.

Cedera di pramusim membuat Robben tidak melakukan debut kompetitif hingga Oktober 2004. Namun ia dengan cepat bangkit dan dinominasikan untuk penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris. 

Tiga tahun kemudian, daya tarik Real Madrid terbukti terlalu kuat. dia menandatangani kontrak senilai 24 juta pounds.

Namun di Bayern Munchen lah, Robben benar-benar menemukan langkahnya. Ia bergabung pada 2009 dan menghabiskan satu dekade bersama klub Jerman tersebut, memenangi delapan gelar Bundesliga, treble kontinental dan menjadi salah satu pemain sayap terbaik dunia bersama Franck Ribery.

Dia pensiun pada 2019, tetapi sempat keluar dari masa pensiunnya untuk bermain satu musim bersama Groeningen sebelum pensiun lagi pada 2021.

6 dari 9 halaman

4. Romelu Lukaku

Lukaku menandatangani kontrak dengan Chelsea senilai 10 juta pounds saat remaja pada 2010 dan selalu tampak mampu berkembang menjadi pencetak gol terbanyak. Akhirnya ia melakukannya bersama Everton yang membelinya dari Chelsea seharga 28 juta pounds pada 2014 .

Setelah musim pinjaman yang brilian, pemain Belgia ini menghabiskan tiga musim sebagai pemain permanen sebelum dikontrak oleh Mourinho di Manchester United pada 2017 seharga 75 juta pounds.

Dia dijual ke Inter Milan dengan harga sekitar 73 juta pounds dua tahun kemudian. Sejak itu kembali ke Chelsea, gagal, kembali ke Inter dan bergabung dengan AS Roma, lagi-lagi di bawah asuhan Mourinho.

Pemain berusia 31 tahun itu masih terikat kontrak dengan Chelsea tetapi masih melebihi persyaratan dan The Blues sangat berharap Napoli asuhan Antonio Conte akan melepaskannya. Karier yang aneh.

 

 

7 dari 9 halaman

3. Juan Mata

Meskipun dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Chelsea di dua musim pertamanya bersama klub setelah kepindahannya senilai 23,5 juta pounds, Mata dijual Mourinho ke Manchester United pada Januari 2014. Ia laku senilai 37,5 juta pounds.

Ternyata Mata malah bereuni lagi dengan Mourinho beberapa tahun berselang di MU. 

Hubungan mereka di Manchester lebih positif, meski Mata menghabiskan tahun-tahun terbaiknya dengan mengisi lubang di sayap kanan MU alih-alih ditempatkan sebagai pemain nomor 10.

Dia akhirnya pergi setelah kontraknya habis pada tahun 2022 untuk merapat ke Galatasaray dan saat ini berstatus bebas transfer setelah sempat berada di Jepang bersama Vissel Kobe.

8 dari 9 halaman

2. David Luiz

Setelah mengontrak Luiz ke Chelsea seharga 21,5 juta pounds pada 2011, Mourinho menjualnya ke Paris Saint-Germain seharga 50 juta pounds pada 2014. Dia kemudian bergabung kembali ke The Blues dua tahun kemudian dengan potongan harga 34 juta pounds dan kembali membuktikan kemampuannya di bawah asuhan Antonio Conte.

Dia akhirnya meninggalkan Chelsea lagi pada 2019, pindah ke London untuk bergabung dengan Arsenal dengan harga 8 juta pounds. Namun, waktunya di Emirates berumur pendek dan terlupakan, meninggalkan kontraknya di akhir 2021 untuk kembali ke Brasil memperkuat Flamengo.

Sekarang berusia 37 tahun, dia telah mengangkat Copa Libertadores bersama Flamengo pada 2022.

9 dari 9 halaman

1. Zlatan Ibrahimovic

Mourinho dan Ibrahimovic hanya menghabiskan satu musim bersama di Inter Milan pada 2008/2009. Pemain asal Swedia itu kemudian pindah ke Barcelona dengan nilai 40 juta pounds, dan Samuel Eto'o juga bergabung dengan Inter dalam kesepakatan yang sama.

Mourinho bertemu kembali dengan sang striker pada 2016 ketika mengontraknya untuk Manchester United dengan status bebas transfer dari PSG. Zlatan mengantongi 28 gol di semua kompetisi musim itu.

Setelah sempat berada di Los Angeles Lakers dan kembali ke AC Milan, Ibrahimovic pensiun pada usia 41 tahun pada 2023. Ia sekarang bekerja di Rossoneri sebagai penasihat dewan klub.

Sumber: Planet Football

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer