Sukses


Fakta-Fakta Bursa Transfer Liga Inggris 2024 / 2025: Chelsea Beli Pemain Terus, Liverpool Masih Adem Ayem

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2024/2025 sudah dimulai pekan lalu dengan menggelar 10 pertandingan sengit. Juara bertahan Manchester City sukses mengalahkan Chelsea 2-0.

Liverpool, Newcastle, Manchester United, Arsenal, hingga Tottenham Hotspur juga membungkus kemenangan penting.

Bursa transfer Liga Inggris untuk musim 2024/2025 baru akan ditutup akhir bulan ini, atau masih ada waktu satu pekan ke depan. Artinya klub-klub peserta masih bisa merekrut pemain lagi.

Beragam fakta menarik terjadi selama jendela transfer di Liga Inggris 2024/2025 sejauh ini. Berikut ini beberapa di antaranya yang sudah dirangkum Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Skuad Gemuk Chelsea

Musim Chelsea secara resmi dimulai dengan kekalahan 0-2 dari Manchester City  dan meskipun ada beberapa hal positif yang dapat diambil dari kinerja tersebut, fokusnya adalah pada pendekatan tim yang kacau di bursa transfer.

The Blues merekrut 10 pemain selama musim panas dan memasuki pertandingan pembuka musim ini dengan 44 pemain, yang berarti segelintir pemain terkenal ditakdirkan untuk dikeluarkan dari daftar pemain.

Rekrutan paling baru The Blues adalah Joao Felix dari Atletico Madrid senilai 46,3 juta pounds (Rp934 miliar). Melihat skuad yang ada di Chelsea sangat gemuk.

3 dari 6 halaman

Liverpool Masih Adem Ayem

Liverpool memulai era baru bersama pelatih Arne Slot pada musim 2024/2025. Namun, juru taktik asal Belanda tersebut masih belum bisa meningkatkan kekuatan skuadnya.

The Reds masih adem ayem pada bursa transfer musim panas tahun ini. Belum ada satu pun pemain yang didatangkan ke Anfield.

Di sisi lain, Liverpool sudah melepas sejumlah pemainnya pada musim panas ini. Mereka berpisah dengan Joel Matip, Thiago Alcantara, Adrian hingga Fabio Carvalho.

4 dari 6 halaman

MU Nuansa Ajax

Nuansa Ajax Amsterdam sangat kental di skuad Manchester United musim 2024/2025. Sebab, termasuk sang manajer Erik ten Hag, ada tujuh eks penggawa Ajax yang kini membela kubu Setan Merah.

Erik ten Hag memilih melanjutkan karier di MU mulai awal musim 2022/2023. Pada musim pertamanya sebagai manajer, Erik ten Hag langsung membawa gerbong Ajax pindah ke Old Trafford.

Pada musim 2022/2023, Erik ten Hag turut memboyong Antony dan Lisandro Martinez. Keduanya jadi pemain penting Ajax pada era Erik ten Hag. Performa mereka sangat stabil dan diharap membuat MU makin kuat.

Musim berikutnya Erik ten Hag kembali meng-Ajax-kan MU. Kali ini, dia memboyong Andre Onana dari Inter Milan. Di masa lalu, Onana pernah membela Ajax pada era Erik ten Hag.

Pada 2022 lalu, setelah dinyatakan sembuh dari gangguan jantung, Eriksen sempat berlatih dengan Ajax untuk mendapatkan kebugarannya lagi. Saat itu, Erik ten Hag masih bertugas sebagai pelatih dan memberi izin.

Daftar eks penggawa Ajax Amsterdam yang kini membela MU antara lain; Andre Onana, Matthijs de Ligt, Lisandro Martinez, Noussair Mazraoui, Christian Eriksen, Antony, hingga sang pelatihnya sendiri Erik ten Hag.

5 dari 6 halaman

Rekrutan Termahal

Tottenham Hotspur menggelontorkan uang banyak di musim panas ini. Adalah untuk merekrut bomber Bornemouth, Dominic Solanke yang sekaligus menjadi rekrutan paling mahal di musim 2024/2025.

Dominic Solanke ditebus Tottenham dengan nilai 55 juta pounds (Rp1,12 triliun) plus tambahan. Solanke sudah diturunkan pada pekan pertama kontra Leicester, meski gagal mencetak gol.

Musim lalu Solanke mencetak 19 gol Liga Inggris sudah cukup untuk membuatnya pindah ke Tottenham. Posisi kedua sebagai rekrutan termahal musim ini dipegang bek muda Prancis, Leny Yoro oleh MU dari Lille.

Sumber: Berbagai sumber

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer