Sukses


Wayne Rooney Ungkap Kenangan Bersama Sven-Goran Eriksson: Berjasa soal Debut di Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Timnas Inggris, Wayne Rooney, berduka dengan meninggalnya Sven-Goran Eriksson, pelatih Swedia yang pernah menanganinya di skuad The Three Lions. Rooney mengaku Eriksson berperan besar dalam karier sepak bolanya.

Wayne Rooney, yang kini menangani klub divisi Championship, Plymouth, mengungkapkan kenangan manisnya bersama Sven Goran-Eriksson yang baru saja tutup usia pada Senin (26/8/2024).

"Saya merasa sedih, tentu saja. Dia memainkan peran besar dalam karier saya dan memberikan saya debut di Timnas Inggris," ujar Wayne Rooney setelah mendampingi tim asuhannya menjalani laga Carabao Cup menghadapi Watford, Rabu (28/8/2024) dini hari WIB.

"Selalu sedih ketika seseorang yang dekat dengan kita meninggal. Saya tahu Sven akan melihat dari atas dan kita harus merayakan hidupnya karena dia adalah sosok yang sangat besar, seorang yang luar biasa," lanjut mantan striker Everton dan Manchester United itu.

Wayne Rooney menggambarkan sosok Sven-Goran Eriksson sebagai pribadi yang sangat berpengaruh bagi semua pemain yang pernah dilatihnya dan mengungkapkan betapa besar kehilangan yang dirasakan banyak orang atas kepergiaannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Berikan Debut Timnas Inggris untuk Rooney

Sven-Goran Eriksson ditunjuk menjadi pelatih Timnas Inggris pada 2001, setelah mengantar Lazio meraih Scudetto 1999/2000, Coppa Italia pada musim yang sama dan memenangkan Supercoppa Italiana 2000.

Sebelumnya ia juga membawa Lazio juga meraih Piala Super Eropa 1999. Kesuksesan bersama Lazio itulah yang membuat FA memilih Sven-Goran Eriksson. Pelatih asal Swedia itu pun memimpin Inggris hingga 2006.

Sven-Goran Eriksson memimpin The Three Lions ke Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, Euro 2004 di Portugal dan Piala Dunia 2006 di Jerman.

Ketika Sven-Goran Eriksson menangani Inggris. Wayne Rooney adalah salah satu pemain yang mendapatkan kesempatan untuk menjalani debut bersama The Three Lions.

Wayne Rooney mendapatkan debut di Timnas Inggris pada 2003, tepatnya melawan Australia pada 12 Febaruari 2003.

Sven-Goran Eriksson menjadikan Wayne Rooney sebagai pemain termuda yang mendapatkan debutnya bersama Timnas Inggris saat itu, dengan usia 17 tahun dan 111 hari.

Rooney kemudian menjadi andalan Inggris hingga mencatatkan 120 penampilan dengan torehan 53 gol.

3 dari 3 halaman

Sekilas Mengenai Sven-Goran Eriksson

Sven-Goran Eriksson, tutup usia pada Senin (26/8/2024) malam WIB. Pelatih asal Swedia tersebut meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Pada Januari tahun ini, Eriksson mengungkapkan jika dirinya menderita kanker pangkreas stadium akhir. Berdasarkan diagnosis dokter, pria yang pernah menangani Timnas Filipina tersebut hanya memiliki waktu sekitar satu tahun untuk hidup.

Sven-Goran Eriksson meninggalkan dua orang anak, Johan dan Lina, yang berasal dari mantan istrinya, Ann-Christine Pettersson, dan pasangannya, Yaniseth del Carmen Bravo Mendoza.

Sumber: Irish News

Video Populer

Foto Populer