Sukses


Liga Inggris: Louis Saha Mengklaim Cristiano Ronaldo Bakal Balik ke MU, Entah sebagai Pelatih atau Manajer

Bola.com, Jakarta - Sudah 39 tahun, Cristiano Ronaldo tak menunjukkan tanda-tanda kemunduran. Ia tetap garang bersama Al Nassr. Jika kelak pensiun, apa kira-kira yang dilakukan CR7?

Tak ada yang tahu, kecuali Louis Saha. Louis Saha dan Cristiano Ronaldo pernah menghabiskan waktu cukup lama saat keduanya masih memperkuat raksasa Inggris, Manchester United.

Louis Saha, yang kini berusia 46 tahun, memperkuat Setan Merah dari 2004 hingga 2008. Sementara, Ronaldo, dari 2003 sampai 2009.

Bersama Red Devils, keduanya memenangkan banyak gelar dan sampai saat ini masih mendapat tempat spesial di hati para pemuja setia Manchester United.

Cristiano Ronaldo, legenda Portugal, berada di senja kariernya namun tidak ada jaminan ia akan segera pensiun.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Akan Kembali ke MU

Meski begitu, Saha mengisyaratkan bahwa karier di bidang manajemen mungkin sedang menanti Ronaldo.

Tidak hanya itu, saat berbicara dengan TVSporten (melalui TalkSport), Saha mengklaim bahwa tak menutup kemungkinan Ronaldo akan ke Old Trafford dan Premier League sebagai pelatih setelah pensiun.

"Cristiano Ronaldo memiliki hasrat dan dedikasi untuk kembali ke Manchester United suatu hari nanti, bisa sebagai pelatih atau bahkan manajer," kata Saha.

Sebelum hengkang ke Arab Saudi, Ronaldo sempat bersitegang dengan manajemen yang juga melibatkan pelatih Erik ten Hag. Akan tetapi, menurut Saha, itu tak akan menghalangi Ronaldo untuk kembali.

"Periode keduanya tidak berakhir seperti yang diharapkan semua orang dan Anda dapat melihat mengapa itu membuatnya frustrasi. Dia tidak melihat formula yang sama dan tidak melihat hasrat dari pemain muda yang biasa dia lihat," imbuh Saha.

"Sekarang dia akan tahu bahwa dia perlu menemukan cara baru untuk berkomunikasi ketika dia menjadi pelatih, yang mungkin tidak sekasar atau langsung seperti saat dia berada di klub.

"Dia akan mencari cara untuk menjadi sukses dan menggunakan semua pengetahuannya untuk melakukan itu, kita telah melihat Roy Keane masuk ke manajemen dan meraih kesuksesan.

"Cristiano akan mengerti apa yang perlu dia lakukan sebagai seorang manajer dan saya tidak melihat alasan mengapa dia tidak akan sukses".

 

3 dari 5 halaman

Mau Jadi Motivator

Merespons sohibnya, apa kata Ronaldo? "Jika saya menjadi pelatih, saya akan menjadi motivator," kata Ronaldo.

Ronaldo sebenarnya pernah berbicara tentang kemungkinan menjadi pelatih setelah pensiun, tetapi tampaknya tidak begitu bersemangat.

Ia tidak sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan itu, tetapi ketika berbicara pada tahun 2019, ia mengatakan itu bukanlah sesuatu yang sedang dipikirkannya. Namun, ini mungkin karena ia tidak ingin terlalu jauh terjun ke dunia di mana ia telah berhenti bermain.

Ia menjelaskan: "Saat ini, saya tidak tertarik menjadi pelatih, tetapi mungkin suatu hari nanti saya akan bosan dan saya akan menginginkannya.

"Jangan pernah berkata tidak. Jika saya menjadi pelatih, saya akan menjadi motivator, pelatih harus menularkan semangat dan bakatnya kepada tim. Misalnya, saya suka bersenang-senang, menggiring bola, menendang, mencetak gol, saya harus menularkan ini kepada tim, sebagai motivator."

Yang cukup menarik, ia tampak lebih bahagia membayangkan dunia pasca-sepak bola di mana ia menjadi aktor, dengan mengatakan: "Salah satu hal yang ingin saya tantang, misalnya, adalah berakting dalam film. Saya harap saya hidup lebih dari 50 tahun untuk mempelajari hal-hal baru dan menghadapi berbagai tantangan serta mencoba menemukan solusi untuk tantangan tersebut."

 

4 dari 5 halaman

Jadi Pelatih Pilihan Masuk Akal

Ia juga berbicara tentang memiliki dan kemudian mengelola klub sepak bola. Apa pun yang dilakukannya, sulit membayangkan seseorang yang begitu terobsesi dengan permainan tersebut, dan juga memiliki kedudukan yang tinggi di dalamnya, tidak terlibat dalam kapasitas tertentu.

Dan meskipun Ronaldo mungkin belum memutuskan untuk menjadi pelatih, rasanya sangat masuk akal jika ia mencoba mengikuti jejak para pemain hebat seperti Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, dan Giovanni Trapattoni – yang semuanya memiliki karier bermain yang hebat sebelum meraih hal-hal yang lebih hebat lagi sebagai manajer – ke dunia manajemen.

Mungkin ia bahkan akan terinspirasi oleh mantan rekan setimnya di Man United lainnya, Ruud van Nistelrooy. Pemain berusia 39 tahun itu bermain dengan pemain asal Belanda itu sebanyak 91 kali, dan mencetak 12 gol bersama Setan Merah, dan sejak itu ia melihat rekan penyerangnya yang hebat itu kembali ke Old Trafford.

Mantan bos PSV Eindhoven – yang pernah membuat bintang Portugal itu menangis saat masih muda – menjadi asisten Erik ten Hag di musim panas dan bahkan suatu hari nanti dapat mengambil alih sebagai pelatih kepala. Van Nistelrooy telah menjelaskan bagaimana ia belajar dari Sir Alex Ferguson betapa pentingnya mengetahui kapan harus bersikap keras pada pemain dan kapan "Anda harus merangkul mereka".

Mungkin gaya manajemen pemain seperti itu juga akan menular pada Ronaldo. Tentu akan menarik untuk melihat apa yang akan terjadi pada sang penyerang ketika ia akhirnya gantung sepatu.

Sumber: Givemesport

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2024/2025

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer