Sukses


Belanja Gila-gilaan Chelsea Era Todd Boehly: Borong 42 Pemain, Kuras Uang Rp25,3 Triliun

Bola.com, London - Todd Boehly memang belum bisa membawa Chelsea ke era kejayaan, bahkan malah membikin The Blues dihujani banyak keraguan. Namun, ada satu sifat Boehly yang tidak terbantahkan, yaitu royalnya minta ampun. 

Chairman Chelsea tersebut menjadi pusat dan pimpinan revolusi Chelsea setelah pengambilalihan klub pada 2022 senilai 4,25 miliar poundsterling (Rp86,6 triliun).  Sejak itu, ia melakukan manuver tak main-main. 

Bayangkan saja, Chelsea sudah lima kali mendepak manajer (termasuk interim) di eranya. Kini, pria Amerika Serikat itu menggantungkan harapan ke manajer keenam Chelsea di eranya, yaitu pria Italia Enzo Maresca. 

Di antara gebrakan-gebrakan Todd Boehly, yang paling menyedot perhatian adalah aktivitasnya di bursa transfer pemain. Chelsea benar-benar jor-joran membeli pemain sejak dipimpin Boehly. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Total Belanja

Sejak kedatangan Boehly, Chelsea sudah memboyong 42 pemain dengan kesepakatan permanen. Beberapa pemain punya reputasi mentereng dan membuktikannya di lapangan. 

Namun, sebagaian lainnya masih kesulitan unjuk kualitas di Stamford Bridge. Tak ada klub lain yang seaktif dan semasif Chelsea di bursa transfer pada era yang sama. 

Boehly dikabarkan telah menghamburkan 1,245 miliar poundsterling (Rp25,3 triliun) di bursa transfer pemain. Luar biasa! 

 

3 dari 4 halaman

Chelsea Rugi

Namun, berdasarkan taksiran saat ini, tampaknya sebagian besar pembelian Chelsea bukanlah rekrutan yang oke. Hanya 10 dari 42 pemain Chelsea yang kini memiliki nilai pasar lebih tinggi dibanding uang yang dikeluarkan The Blues saat merekrut mereka.  

Menurut Transfermarkt, nilai 42 pemain Chelsea saat ini mencapai 874 juta poundsterling (Rp17, triliun).  Itu berarti Boehly buang-buang uang sekitar 371 juta poundsterling  (Rp7,56 triliun).

Setelah jor-joran seperti itu, Chelsea hanya finis keenam di Liga Inggris musim lalu. Pada musim ini, Enzo Maresca juga mencatat start yang kurang mulus. 

Chelsea sudah menelan dua kekalahan dari lima pertandingan pertama musim ini di semua kompetisi. 

Sumber: The Sun 

 

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer