Sukses


Chelsea Pecah Rekor Jadi Klub Sepak Bola dengan Skuad Termahal Sepanjang Sejarah, Tim Liga Inggris Dominasi Peringkat 10 Besar

Bola.com, Jakarta Chelsea secara resmi menjadi klub sepak bola yang punya skuad termahal dalam sejarah.  Skuad The Blues saat ini bernilai 1,4 miliar dolar AS atau setara Rp21,56 triliun, plus add-ons. 

Menurut CIES Football Observatory, Chelsea menghabiskan 1,4 miliar dolar AS pada transfer gabungan untuk skuad mereka saat ini. Organisasi ini meneliti dan menganalisis data statistik dalam sepak bola.

Didirikan pada 1995 dalam kemitraan dengan FIFA, CIES sebagian berfokus pada kesepakatan transfer dan penilaian pemain. 

Laporan terbaru menunjukkan Chelsea naik dari posisi kedua ke peringkat teratas daftar ini. Manchester United sebelumnya memiliki skuad termahal pada tahun lalu, tetapi kini turun peringkat karena digeser The Blues. 

The Blues telah menghabiskan banyak uang untuk transfer pemain di bawah kepemilikan baru, Todd Boehly dan kawan-kawan. Chelsea benar-benar menghabur-hamburkan uang. 

Di era Boehly, Chelsea sudah menghabiskan hampir 700 juta dolar AS (Rp10,78 triliun) untuk belanja pemain di tahun keuangan pertama saja. Mereka kemudian mengeluarkan 777 juta dolar AS (Rp11,97 triliun) lagi di bursa transfer sejak 2023.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Klub Inggris Paling Banyak

Tidak mengejutkan jika melihat klub-klub Liga Inggris mendominasi daftar tersebut. Bayangkan saja, lima besar di daftar ini dihuni klub Premier League. 

Chelsea dan Manchester United ada di peringkat pertama dan  kedua. Setelah itu, juara bertahan Premier League, Manchester City, berada di urutan ketiga dalam daftar, hanya tertinggal tipis dari rival sekota mereka.

Klub London Utara Arsenal dan Tottenham Hotspur melengkapi posisi lima besar. Berikut daftar lengkapnya. 

 

3 dari 3 halaman

Daftar Klub Sepak Bola dengan Skuad Termahal (Plus Add-ons)

  • Chelsea:  $1.4 billion (Rp21,58 triliun)
  • Manchester United: $1.15 billion (Rp17,73 triliun)
  • Manchester City: $1.12 billion (Rp17,27 triliun)
  • Arsenal: $884 million (Rp13,63 triliun)
  • Tottenham Hotspur: $872 million (Rp13,44 triliun)
  • Paris Saint-Germain: $855 million (Rp13,18 triliun)
  • Liverpool: $814 million (Rp12,55 triliun)
  • Real Madrid: $797 million (Rp12,29 triliun)
  • Newcastle United: $756 million (Rp11,65 triliun)
  • Juventus: $693 million (Rp10,68 triliun)

Sumber: World Football

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer