Sukses


Zinedine Zidane Pernah Bocorkan Alasan Tolak Latih MU, Sudah Berubah Pikiran?

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) mengawali Liga Inggris 2024/2025 dengan buruk. Anak asuh Erik ten Hag hanya meraih satu kemenangan dalam tiga pertandingan sebelum jeda Internasional.

Terakhir MU terpaksa mengakui kehebatan Liverpool di Old Trafford setelah kalah 0-3 pada pekan ketiga Liga Inggris musim ini, Minggu (1/9/2024).

Hasil buruk ini membuat posisi Erik ten Hag sebagai juru latih kembali jadi sorotan. Pihak klub sejauh ini masih mendukung penuh Ten Hag. 

Namun, apa pun bisa terjadi, apalagi jika MU makin terpuruk. Beberapa nama pun kembali mencuat sebagai kandidat ideal menggantikan Ten Hag. 

Sir Jim Ratcliffe, selaku pemilik sebagian saham MU, dirumorkan tengah mempertimbangkan Zinedine Zidane, mantan pelatih Real Madrid, sebagai arsitek baru MU menggantikan Erik ten Hag.

Zinedine Zidane bukanlah nama asing bagi publik Old Trafford. Ia pernah dirumorkan sebagai calon manajer Setan Merah pada 2021. MU mendekati pemenang Piala Dunia 1998 tersebut setelah pemecatan Ole Gunnar Solskjaer pada 2021, namun Zidane memilih menarik diri.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kendala Bahasa

Masalah bahasa menjadi alasan utama Zinedine Zidane enggan menerima pinangan Setan Merah pada 2021. 

“Apakah saya ingin pergi ke Manchester United? Saya mengerti bahasa Inggris, tetapi saya tidak sepenuhnya fasih. Saya tahu bahwa ada pelatih yang pergi ke klub tanpa berbicara bahasa tersebut, tetapi saya bekerja dengan cara yang berbeda” ujarnya pada L'Equipe.

"Banyak elemen yang berperan untuk menang, ini adalah konteks global. Saya tahu apa yang saya butuhkan untuk menang,” tambah Zidane. 

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah Zidane sudah berubah pikiran? 

L'Equipe pernah mengabarkan Zinedine Zidane memperlihatkan ketertarikan untuk menggantikan Erik ten Hag. Meski masih bertahan untuk sementara waktu, masa depan manajer asal Belanda itu tidak menentu.

Dalam peluncuran film mengenai mantan manajer Juventus, Marcelo Lippi, Zidane sempat ditanya mengenai kemungkinan untuk kembali melatih. Saat itu, Zidane mengaku tak ada yang mustahil.

"Kenapa tidak, segala sesuatu bisa terjadi. Sekarang saya sedang melakukan hal lain, tetapi kita lihat saja nanti. Saya tentu saja ingin kembali ke bangku pelatih," ujar Zidane. 

 

3 dari 4 halaman

Kandidat Lain

Selain Zinedine Zidane, MU dikabarkan juga tengah mengincar beberapa pelatih top Eropa lainnya. Dua mantan manajer Chelsea dikabarkan masuk ke dalam daftar bidikan, yaitu Thomas Tuchel dan Graham Potter.

Tuchel dikabarkan telah melakukan komunikasi dengan pihak Manchester United sejak akhir musim lalu. Mantan pelatih Bayern Munchen ini bahkan diisukan hampir menemui kata sepakat jika Setan Merah tidak tetap memilih bersama Erik ten Hag untuk musim 2024/2025.

Graham Potter dan mantan manajer Inggris, Gareth Southgate, juga dilaporkan masuk ke dalam daftar pelatih Setan Merah, setelah Ratcliffe mengagumi gaya melatih mereka berdua. Namun, kedua nama di atas belum terkonfimasi menjalin komunikasi secara langsung dengan pihak Setan Merah.

Dari nama-nama di atas, Zinedine Zidane menjadi pelatih dengan capaian presasi paling gemilang. Sejak ditunjuk sebagai pelatih utama Real Madrid pada 2016, Zidane langsung meraih hasil mentereng bersama Los Blancos.

Ia mempersembahkan 2 gelar La Liga, 3 trofil Liga Champions berturut-turut, 2 titel Piala Super Eropa, dan 2 gelar Piala Dunia Antarklub. (Muhamad Luthfi Ma'ruf)

Sumber: Mirror

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer