Sukses


FA Mencari Pelatih Baru Timnas Inggris: Pep Guardiola Bersaing dengan 3 Manajer Lokal

 

Bola.com, Jakarta - Asosiasi sepak bola Inggris (FA) tengah mempertimbangkan empat calon pelatih Timnas Inggris. Satu di antaranya adalah juru taktik Manchester City, Pep Guardiola.

Lee Carsley, yang selama ini menjabat sebagai pelatih sementara menggantikan Gareth Southgate justru tak masuk dalam daftar calon pelatih baru Timnas Inggris.

Padahal, dalam dua laga yang sudah dilakoninya bersama Three Lions di ajang UEFA Nation League B 2024/2025, mantan pemain Everton itu telah meraih poin maksimal.

Kemenangan atas Republik Irlandia dan Finlandia, di mana anak-anak asuhnya mendulang empat gol dan tak kebobolan sama sekali.

Seperti diketahui, Lee Carsley menjadi pelatih sementara Timnas Inggris setelah Gareth Southgate memutuskan untuk mengakhiri masa jabatannya selama delapan tahun sebagai nakhoda usai dikalahkan Spanyol di final Euro 2024.

Sejak saat itu, FA memulai perburuan. Hanya saja ini bukanlah pekerjaan yang gampang. Soalnya, sangat penting bagi FA untuk mengambil keputusan dengan tepat. Oleh karena itulah mereka butuh waktu.

Lee Carsley sejatinya punya prestasi yang kalah kinclong. Ia pernah membawa Timnas Inggris U-21 memenangkan Kejuaraan Eropa U-21 pada 2023.

Dilansir Givemesport, berikut empat kandidat pelatih Timnas Inggris, dimana tiga merupakan pelatih lokal.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tiga Kandidat Berasal dari Inggris

Hanya ada dua manajer dalam sejarah Timnas Inggris yang berasal dari luar negeri. Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello yang memegang kehormatan itu dan sebagian besar kandidat yang saat ini diminati FA adalah orang Inggris.

Graham Potter dan Frank Lampard saat ini sama-sama menganggur, tetapi masuk dalam daftar pendek.

Kinerjanya di Brighton & Hove Albion telah membuatnya sangat dihormati oleh banyak orang dan meskipun masa jabatannya yang mengecewakan di Chelsea, ada yang masih merasa bahwa ia akan cocok untuk pekerjaan di Inggris.

Lampard memiliki beberapa masalah selama menjadi manajer, tetapi itu tidak menghalangi FA untuk mempertimbangkan dirinya sebagai pengganti Southgate.

Orang Inggris ketiga dan terakhir dalam daftar pendek mereka adalah Eddie Howe. Ini seharusnya tidak mengejutkan siapa pun karena ia telah dikaitkan dengan pekerjaan tim nasional selama beberapa tahun sekarang.

Meskipun ia masih menangani Newcastle United, peluangnya untuk mendapatkan pekerjaan itu mungkin tidak setinggi beberapa yang lain. Ketiganya akan menjadi penunjukan yang menarik, tetapi tidak ada yang benar-benar diinginkan FA.

3 dari 4 halaman

FA Inginkan Pep Guardiola

Dalam dunia yang ideal, FA akan menunjuk Pep Guardiola sebagai manajer Timnas Inggris. Menurut laporan, ia adalah 'janjian impian' mereka.

Manajer Manchester City tersebut telah mendominasi sepak bola selama bertahun-tahun, dengan masa-masa di Barcelona dan Bayern Munich yang menunjukkan kecemerlangannya sebagai pelatih.

Kepindahannya ke Liga Premier dan Etihad-lah yang telah membuat reputasinya di Inggris mencapai puncak yang belum pernah terdengar sebelumnya.

Tiba pada tahun 2016, ia telah memenangkan enam gelar liga bersama City, termasuk empat gelar berturut-turut yang memecahkan rekor.

Dengan kontraknya saat ini di klub yang akan berakhir pada musim panas 2025, Guardiola dapat tersedia dalam waktu dekat dan jika itu yang terjadi, FA kemungkinan akan melakukan segala yang mereka bisa untuk merekrutnya.

Sumber: Givemesport

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer