Sukses


10 Manajer dengan Masa Bakti Terlama di Liga Top Eropa, Mikel Arteta Masuk Daftar

Bola.com, Jakarta - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, telah menandatangani kontrak baru hingga 2027 pada Kamis (12/9/2024). Kontrak anyar ini membuatnya masuk jajaran 10 besar menajer dengan masa bakti terlama di liga-liga di Eropa.

"Saya merasa sangat terinspirasi, saya merasa tertantang, saya merasa didukung dan saya ingin melakukan lebih dari apa yang telah kami lakukan bersama," kata Arteta sesaat setelah meneken kontrak baru.

Pelatih asal Spanyol berusia 42 tahun itu telah berada di Arsenal sejak Desember 2019 dan mengubah tim menjadi rival utama Manchester City dalam perebutan gelar Liga Inggris dengan finis sebagai runner-up dalam dua musim terakhir.

Hingga sebelum meneken kontrak baru, Arteta sudah berada di Arsenal sekitar empat tahun enam bulan. 

Bicara masa bakti seorang manajer yang masih aktif di berbagai liga top eropa, muncul satu nama yang mengundang decak kagum. Dia adalah Frank Schmidt, pelatih klub Bundesliga, Heidenheim.

Schmidt sudah mengabdi di Heidenheim sejak klub tersebut berada di kasta kelima sepak bola Jerman hingga berada di level Bundesliga dan bahkan tampil di kompetisi UEFA. Sejak kali pertama menduduki jabatan pelatih pada 17 September 2007, total masa kerjanya hingga sekarang sudah hampir mencapai 17 tahun!

Pria asli ini Heidenheim menjadi manajer terlama dalam sejarah sepak bola profesional Jerman, setelah secara resmi melampaui Volker Finke sebagai manajer pada 17 September 2023 - tepat 16 tahun sejak ia mengambil alih.

Dengan loyalitasnya itu, Schmidt menduduki posisi puncak dalam daftar manajer yang masih aktif dengan masa bakti terlama di liga-liga di Eropa.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Simeone dan Guardiola Masuk Daftar

Dalam daftar manajer yang masih aktif dengan masa bakti terlama berikutnya, ada Diego Simeone. Mungkin tak terasa, tetapi rupanya pria asal Argentina ini sudah hampir 13 tahun lamanya melatih Atletico Madrid. Yap, ia sudah berada di klub La Liga itu 23 Desember 2011.

Lalu, Pep Guardiola yang memanajeri Manchester City juga masuk daftar. Begitu pula dengan dengan Gian Piero Gasperini bersama Atalanta. Masa bakti keduanya sudah lebih dari delapan tahun lamanya.

Penasaran siapa lagi manajer yang masih aktif, yang menduduki jajaran 10 besar manajer di 10 liga top Eropa dengan masa bakti terlama? Simak daftarnya di bawah ini.

3 dari 3 halaman

Daftar Manajer dengan Masa Bakti Terlama di 10 Liga Top Eropa

1. Frank Schmidt (Heidenheim/Bundesliga) - sejak 2007: 16 tahun 11 bulan

2. Diego Simeone (Atletico Madrid/La Liga) - sejak 2011: 12 tahun 6 bulan

3. Pep Guardiola (Manchester City/ Liga Inggris) - sejak 2016: 8 tahun 2 bulan

4. Gian Piero Gasperini (Atalanta/ Serie A) - sejak 2016: 8 tahun 2 bulan

5. Jindrich Trpisovsky (Slavia Prague/Chance Liga) - sejak 2018: 6 tahun 8 bulan

6. Thomas Frank (Brentford FC/Liga Inggris) - sejak 2018: 5 tahun 10 bulan

7. Imanol Alguacil (Real Sociedad/ La Liga) - sejak 2018: 5 tahun bulan

8. Mikel Arteta (Arsenal/Liga Inggris) - sejak 2019: 4 tahun 8 bulan

9. Ruben Amorim (Sporting FC/Primeira Liga) - sejak 2020: 4 tahun 6 bulan

10. Rogier Meijer (NEC/Eredivisie) - sejak 2020: 4 tahun 3 bulan

 

Ket: masih aktif melatih

 

Sumber: Transfermarkt

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer