Sukses


Paul Scholes Curhat Sempat Malu Rayakan Torehan Treble MU pada 1999

Bola.com, Manchester - Manchester United (MU) belum juga menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di Premier League 2024/2025. Setan Merah masih terpuruk di posisi ke-10 klasemen sementara. Kenangan akan Paul Scholes seakan muncul kembali.

Melihat Scholes, tentunya bicara tentang masa kejayaan MU. Tak hanya di kompetisi domestik, Paul Scholes dan kawan-kawan juga sangat ditakuti di kancah Eropa.

Paul Scholes, yang kini berusia 49 tahun, merupakan jebolan Akademi Manchester United yang naik pangkat ke tim senior pada 1993 dan bertahan di Old Trafford hingga 2013.

Selama itu, Paul Scholes memenangi segepok trofi, di antaranya 11 gelar Premier League serta dua kali menjuarai Liga Champions.

Yang paling fenomenal tersaji pada 1999. Saat itu tim yang masih diarsiteki Sir Alex Ferguson mengamankan tiga gelar pertama dan satu-satunya dalam sejarah panjang mereka. Tapi, ironisnya, Paul Scholes mengaku tak bahagia dalam kemenangan bersejarah itu. Ada apa?

Laga final Liga Champions tahun itu melawan Bayern Munchen yang berakhir dengan skor 2-1 tak akan pernah terlupakan. MU akhirnya tampil sebagai pemenang lewat comeback yang luar biasa.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Enggan Bersuka Cita

Red Devils tertinggal di babak pertama berkat tendangan bebas Mario Basler pada menit keenam. Meskipun terus menekan pada 45 menit kedua, tampaknya peluang untuk mengamankan tiga trofi akan berlalu begitu saja, sebelum dua gol pada perpanjangan waktu dari Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer, membalikkan nasib dalam situasi yang dramatis.

Tak pelak, suasana kegembiraan membanjiri lapangan Camp Nou, dengan pemenang pertandingan Solskjaer dikerumuni oleh rekan satu timnya.

Pemain lainnya seperti David Beckham, Nicky Butt, Ryan Giggs, Dwight Yorke, Andy Cole, dan Gary Neville bergabung dalam pesta bersama pencetak gol Norwegia tersebut, merayakan pencapaian unik mereka.

Namun, satu orang yang enggan bersukacita adalah pemain penting yang tidak ambil bagian dalam final yang mengesankan itu.

Paul Scholes, yang menonton dari pinggir lapangan saat diskors untuk pertandingan, buntut kartu kuning di semifinal melawan Juventus, ikut serta dalam perayaan berikutnya. Tetapi ia mengaku malu melakukannya.

 

3 dari 5 halaman

Tidak Menjadi Bagian Laga Final

Setelah mengunci gelar Liga Inggris dan Piala FA selama sepuluh hari menjelang malam bersejarah di Barcelona, MU berangkat ke Spanyol dengan mengetahui dapat meraih sesuatu yang belum pernah dibukukan klub Inggris lainnya, memenangkan treble yang melibatkan kompetisi paling bergengsi di Eropa.

Peluang Setan Merah meraih prestasi ini terhambat oleh absennya dua pemain kunci, yaitu Scholes dan Roy Keane karena skorsing. Keduanya menerima kartu kuning dalam kemenangan leg kedua MU atas Juventus di Stadio delle Alpi.

Ini memberi ruang bagi Jesper Blomqvist untuk bermain di lini tengah, dengan duo yang disebutkan di atas menyaksikan saat Manchester United menang tipis atas tim Bayern yang tangguh.

Berbicara kepada Nicky Butt, yang menjadi starter dalam pertandingan itu, di podcast Football's Greatest Eras yang baru, Scholes mengungkapkan keengganan untuk merayakan kemenangan tersebut. 

"Kami tidak ingin melakukannya (merayakan). Saya pikir Roy akan sama, bukan? Ketika Anda melihat ke belakang, Anda berpikir apakah memenangi Liga Champions itu? dan itu tidak benar-benar terasa seperti itu. Saya pikir Anda harus terlibat dalam final. Anda setidaknya harus menjadi bagian dari itu entah bagaimana untuk benar-benar merasa seperti Anda layak mendapatkan medali tersebut," kata Scholes. 

"Tetapi, lihat, itu adalah sikap yang baik dari para pemain, tentu saja (untuk membawa Scholes dan Keane ke lapangan). Itu adalah sesuatu yang Anda harapkan dari rekan satu tim, tentu saja, tetapi itu sedikit memalukan."

 

4 dari 5 halaman

Cepat Terhanyut

Scholes mengakui perasaan enggan dan malu tersebut tidak berlangsung lama. Ia cepat terhanyut dalam kegembiraan dan menikmati perayaan dengan rekan satu timnya yang berlangsung selama beberapa hari. 

"Saya pikir sejak menit kami masuk ke pesta di lantai bawah, saya pikir itu adalah pesta yang berlangsung selama dua hari, bukan? Kami mendapat penerbangan dari Manchester, dan kami masih berjalan-jalan di Barcelona pada pukul setengah tujuh pagi keesokan harinya, dengan ayah saya dan temannya, karena Claire tidak bisa datang karena dia hamil. Jadi, dia siap untuk melahirkan," tutur Scholes. 

"Jadi, ayah saya dan temannya datang, Macca, dan kami berada di sebuah bar di dekat Arts Hotel. Itu seperti di pantai, sedikit di pesisir pantai. Kami duduk di sana pada pukul setengah tujuh pagi, dan kami akan terbang dalam dua jam."

 

 

5 dari 5 halaman

Tak Kekurangan Medali

Saat itu, meski jelas merupakan bagian penting dalam tim Ferguson yang meraih tiga gelar, salah satu tim terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris, Scholes mungkin bukan bagian yang benar-benar tak tergantikan dalam tim MU.

Pemain Inggris itu, yang mencetak 11 gol dalam 51 penampilan di semua kompetisi pada 1998/1999, memulai pertandingan semifinal kedua melawan Juventus dari bangku cadangan. Ferguson sering kali lebih menyukai pemain seperti Butt dan Keane di jantung lini tengah daripada playmaker berambut merah itu.

Jadi, mungkin sebagian dari keengganan untuk melepaskan diri pada waktu penuh didorong oleh perasaan tidak menjadi bagian integral yang selalu ada dari teka-teki pada saat itu.

Namun, gelandang itu, yang dicap sebagai pemain sepak bola Inggris paling cerdas sepanjang masa, tidak akan kekurangan kesempatan lebih lanjut untuk membenamkan dirinya dalam perayaan yang liar.

Memenangkan 11 gelar liga, Scholes kemudian mengangkat Liga Champions lagi pada 2008. Ia memainkan peran penting dalam gelar itu. 

Scholes mencetak gol melawan Barcelona di semifinal, yang mengirim Setan Merah ke Moskow untuk menghadapi Chelsea di final. Ia memulai pertarungan derbi Inggris itu dan bertahan selama 87 menit sebelum dipaksa keluar lapangan karena cedera bahu.

Sumber: Givemesport

 

Video Populer

Foto Populer