Sukses


Liga Inggris: Mantan Pemain Arsenal Jadi Kurir Ganja, Jumlahnya 3 Kali Lebih Besar dari Barang Bukti Tahun Lalu

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Arsenal Jay Emmanuel-Thomas telah didakwa oleh polisi karena mencoba menyelundupkan ganja senilai £600.000 ke Inggris. Pria berusia 33 tahun itu ditahan pada hari Rabu oleh Badan Kejahatan Nasional dan menghadapi dakwaan terkait impor obat-obatan Kelas B.

Ini menyusul penemuan 60 kilogram ganja yang disembunyikan di dua koper di Bandara Stansted, yang telah tiba dalam penerbangan dari Bangkok, Thailand, pada 2 September. Emmanuel-Thomas diperkirakan akan hadir di hadapan Hakim Carlisle pada hari Kamis.

Lahir di London, ia memulai kariernya di Arsenal dan kemudian bermain untuk berbagai klub, termasuk Ipswich Town, Bristol City, QPR, Livingston dan Aberdeen. Dia sekarang bermain untuk tim Kejuaraan Skotlandia Greenock Morton.

NCA mengatakan jumlah ganja yang disita sejauh ini pada tahun 2024 sudah tiga kali lebih banyak dibandingkan keseluruhan tahun 2023.

"NCA terus bekerja sama dengan mitra seperti Pasukan Perbatasan untuk menargetkan mereka yang terlibat dalam penyelundupan narkoba, yang mencakup kurir dan penyelenggara," kata David Phillips, petugas investigasi senior NCA.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ancaman Penjara 14 Tahun

Pada bulan Agustus, NCA mengeluarkan peringatan kepada para pelancong yang tiba di Inggris dari Thailand, Kanada dan Amerika Serikat bahwa mereka menghadapi hukuman penjara hingga 14 tahun jika tertangkap saat mencoba membawa ganja ke negara tersebut setelah peningkatan besar dalam penangkapan.

NCA mengatakan dua wanita berusia 28 dan 32 tahun ditangkap setelah penyitaan narkoba dan juga didakwa melakukan pelanggaran impor narkoba.

"Kami akan mengimbau siapa pun yang didekati untuk terlibat dalam segala jenis penyelundupan untuk berpikir dengan sangat hati-hati tentang kemungkinan konsekuensi dari tindakan mereka, dan risiko yang berpotensi mengubah hidup yang akan mereka ambil."

 

3 dari 3 halaman

Karier Jay Emmanuel-Thomas

Penyerang kelahiran London itu diprediksi memiliki karier besar setelah cemerlang di akademi Arsenal, memenangkan FA Youth Cup 2008/2009. Dia memulai debutnya pada Januari 2010 di bawah Arsene Wenger, memulai pertandingan Piala FA melawan Stoke City. Empat penampilan pengganti lagi akan menyusul di Liga Inggris, Liga Champions dan Piala Liga, sebelum meninggalkan tim masa kecilnya dengan status pinjaman ke Doncaster Rovers dan Cardiff City.

Dia kemudian meninggalkan Emirates secara permanen pada tahun 2010 dengan pindah ke Ipswich, dan kemudian mencatatkan rekor gol terbaik dalam kariernya dengan 33 gol dalam 103 pertandingan untuk Bristol City antara tahun 2013 dan 2015. Penyerang tersebut, yang tinggal di Cardwell Road di Gourock, telah bermain untuk klub-klub termasuk, QPR, Gillingham, Livingston dan Aberdeen, sementara juga berkelana ke luar negeri ke klub Thailand yang sekarang sudah tidak ada lagi, PTT Rayong dan klub India Jamshedpur.

Setelah habis kontrak dengan Kidderminster Harriers, dia menandatangani kontrak enam bulan dengan Greenock Morton pada bulan Juli. Dia telah membuat enam penampilan untuk Greenock musim ini, mencetak satu gol. Emmanuel-Thomas juga pernah bermain untuk tim Inggris U-17. Pada bulan Desember 2009, ia menjadi bagian dari skuad U-19 yang lolos ke babak kualifikasi Elite Kejuaraan U-19 Eropa UEFA 2009. Dia juga berhak bermain untuk negara Saint Lucia dan Dominika.

Video Populer

Foto Populer