Sukses


Bagaimana Man City Akan Menggantikan Rodri? Ini Opsi untuk Pep Guardiola

Bola.com, Jakarta - Manchester City mungkin telah memasuki musim ini sebagai favorit untuk memenangkan gelar Premier League kelima secara beruntun.

Namun, kalkulasi peluang mereka untuk memperpanjang rekor kemenangan mereka berubah drastis sekarang karena Rodri diperkirakan akan absen selama sebagian besar musim karena cedera lutut.

Rodri harus ditarik keluar pada babak pertama saat Manchester City bermain imbang 2-2 dengan Arsenal karena cedera, Minggu (22/9/2024), sehingga meninggalkan lubang besar di lini tengah City dalam prosesnya.

Pemain Timnas Spanyol tersebut telah menjadi pemain terpenting selama dominasi Man City baru-baru ini, dengan rata-rata lebih dari 50 pertandingan dalam satu musim sejak pindah ke Inggris pada 2019.

City hanya kalah 11 persen dari pertandingan di mana Rodri bermain, membuat manajer Pep Guardiola menghadapi teka-teki taktis yang mungkin tidak seperti yang pernah dihadapinya selama delapan tahun di klub tersebut.

Berikut ini adalah beberapa pilihan Guardiola di Manchester City saat ia mulai merencanakan musim tanpa Rodri:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mateo Kovacic

Jawaban paling jelas untuk pertanyaan siapa yang mungkin masuk susunan pemain Man City sekarang adalah Mateo Kovacic.

Kovacic masuk menggantikan Rodri saat melawan Arsenal dan telah menjadi starter di sebagian besar pertandingan tim musim ini, sementara Guardiola memberikan waktu istirahat tambahan setelah Euro 2024 buat Rodri.

Kovacic telah bermain bersama Ilkay Gundogan dan Rico Lewis musim ini di lini tengah Man City, sebuah rencana yang sejauh ini berjalan dengan baik.

Dalam penampilannya selama 69 menit melawan Arsenal pada Minggu lalu, Kovacic melakukan 92 sentuhan dan 86 operan – hanya di belakang bek Ruben Dias, Kyle Walker dan Manuel Akanji – dengan akurasi operan sebesar 95,3%, serta tingkat penyelesaian 96,6% di sepertiga penyerang.

Angka-angka tersebut sebenarnya lebih baik daripada penampilannya yang mengesankan sejauh musim ini – ia rata-rata melakukan 73 sentuhan per pertandingan, serta akurasi operan sebesar 95,2 persen.

Ia masuk lima besar pemain bertahan terbaik di Liga Premier League untuk sentuhan, dan kedua setelah Akanji untuk akurasi umpan pemain yang telah bermain lebih dari 300 menit.

Kendati gol tidak selalu menjadi bagian penting dari permainannya, ia juga sudah mencetak satu gol musim ini dan sejauh ini telah menciptakan tujuh peluang dalam permainan di liga.

3 dari 3 halaman

Pemain Lain

Dengan atau tanpa cedera Rodri, Kovacic kemungkinan akan bermain banyak menit untuk Man City musim ini karena The Citizen siap untuk musim pertandingan lebih dari 50 pertandingan lagi, antara kompetisi domestik, jadwal Liga Champions yang diperluas, dan Piala Dunia Antarklub yang lebih besar di musim panas.

Hal itu menimbulkan pertanyaan berbeda bagi Guardiola, yang lebih suka merotasi sebanyak mungkin untuk mengatasi kepadatan jadwal pertandingan – siapa yang mungkin memainkan menit yang awalnya diperuntukkan bagi Kovacic?

Gundogan dan Lewis adalah pesaing alami jika Guardiola memilih untuk mengubah irama pola rotasinya saat Rodri absen, tetapi ia mungkin harus memanggil yang lain selama musim ini.

John Stones dapat memperoleh keuntungan dari waktu bermain yang baru tersedia, meski melakukan satu-satunya start musim ini sebagai bek tengah. Pemain berusia 30 tahun itu telah membuat dua penampilan sebagai gelandang bertahan, termasuk penampilan singkat selama 12 menit melawan Arsenal di mana ia mencetak gol penyeimbang.

Akan tetapi, seberapa sering Guardiola berencana untuk memanggilnya adalah tanda tanya besar. Matheus Nunes juga bisa masuk pertimbangan, tetapi ia baru bermain selama 20 menit sejauh ini di liga musim ini.

 

Sumber: CBS Sports

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer