Sukses


Keputusan Tersulit David Beckham Sepanjang Kariernya di Sepak Bola: Memecat Sahabat Baik

Bola.com, Jakarta - Salah satu legenda Timnas Inggris, David Beckham, bocorkan jika ia pernah menghadapi keputusan tersulit yang pernah ia rasakan sepanjang sejarah.

Keputusan yang ia ambil, tidak hanya berdampak pada klub yang ia miliki, Inter Miami, tetapi juga berbahaya untuk hubungan pribadinya bersama CS lamanya di Manchester United.

Seperti diketahui, Beckham pernah terpaksa memecat Phil Neville, sahabat lamanya di Manchester United, setelah Inter Miami dapat hasil buruk di sepanjang musim 2023 saat dinahkodai Phil Neville.

Phil Neville ditunjuk sebagai manajer Inter Miami pada Januari 2021. Sebelumnya, bergabung bersama tim David Beckham, Neville telah menjabat sebagai pelatih Timnas wanita Inggris.

Namun tawaran dari teman lamanya, David Beckham, membuat Phil Neville memutuskan untuk meninggalkan kursi pelatih Timnas untuk bergabung bersama Inter Miami pada 2021.

Hubungan antara Neville dan Beckham sudah terjalin sejak keduanya bermain di Manchester United, bersama Sir Alex Ferguson, mereka ambil bagian dalam generasi emas Class of '92 United yang mendominasi Eropa. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kekhawatiran Gary Neville

Melihat belakang tersebut, penunjukan Neville tentu saja terbilang beresiko. Begitupun yang dirasakan saudara Phil, Gary Neville,  Dalam acara The Overlap US, Gary mengakui bahwa dirinya khawatir ketika Phil menerima pekerjaan Beckham.

Gary khawatir jika persahabatan saudaranaya yang telah berlangsung selama 31 tahun dengan Beckham akan terancam akibat menerima posisi tersebut.

"'Saya khawatir karena pemecatan tidak bisa dihindari. Manajemen sepak bola bersifat sementara, kami tahu bahwa pada suatu saat Anda akan dilengserkan," ungkap Gary saat menjadi bintang tamu di The Overlap US.

 

3 dari 4 halaman

Tampil Mengecewakan

Musim pertama Phil di Inter Miami tidak berjalan sesuai harapan. Inter Miami tampil mengecewakan sepanjang musim dan gagal mencapai target. Namun, Beckham tetap masih memberikan kesempatan bagi Phil Neville untuk memperbaiki performa di musim kedua.

Phil memanfaatkan kesempatan itu dengan perombakan besar-besaran. Ia melepas 19 pemain yang tampil di luar ekspektasi untuk diganti dengan pemain baru yang lebih berkualitas. Hasilnya, Inter Miami berhasil mencapai babak play-off MLS pada musim 2022, pencapaian yang sesuai harapan klub. 

Namun, musim ketiga kembali tak berjalan mulus. Inter Miami kembali mengalami keterpurukan, bahkan mencatatkan 10 kekalahan dalam 13 pertandingan. 

akhirnya pada Juni 2023, Beckham harus membuat keputusan yang tidak diinginkannya, memecat sahabatnya sendiri. Meski perpisahan ini menyakitkan, tapi Phil tetap legowo dan menghargai keputusan Beckham dan klub.

 

4 dari 4 halaman

Phil Neville musim ini

Meski harus mendapat pemecatan dari Inter Miami, karier Phil Neville sebagai pelatih masih berlanjut. Terkini Phil Neville tercatat sebagai manajer Portland Timbers, klub MLS lainnya. 

Di bawah nahkodanya, Portland Timbers kini berada di urutan kedelapan di Wilayah Barat. Sementara Inter Miami, yang kini ditangani Gerardo Martino, mantan pelatih Barcelona dan Timnas Argentina, berada di puncak klasemen Wilayah Timur.

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer