Sukses


Menyaingi Rekor Didier Drogba, Nicolas Jackson Makin Matang di Chelsea

Bola.com, Jakarta - Keputusan Chelsea untuk memperpanjang kontrak Nicolas Jackson hingga 2033 sempat menimbulkan tanda tanya. Striker berusia 23 tahun itu tampil cukup solid dalam musim debutnya di Stamford Bridge setelah bergabung dari Villarreal dengan nilai transfer 32 juta pound pada Juni 2023, dengan torehan 14 gol dalam 35 pertandingan Premier League.

Namun, penampilan Jackson saat Chelsea menang telak 3-0 melawan West Ham di Stadion London menunjukkan bahwa kepercayaan klub padanya tampak dijawab tuntas oleh Jackson.

Dengan performa yang apik ia mencetak brace dalam laga tersebut. Kontrak sembilan tahun ini menegaskan keyakinan Chelsea bahwa Jackson bisa menjadi penyerang utama mereka dalam beberapa tahun ke depan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pujian dari Sang Pelatih

Manajer Chelsea, Enzo Maresca, mengungkapkan kepuasannya saat ditanya oleh BBC Match of the Day mengenai performa Jackson melawan West Ham.

"Kami sangat senang dengan Nicolas," ujarnya.

"Dia bekerja keras sejak saya tiba, dan dia sangat baik dalam penguasaan bola. Kami sangat puas." Ungkap Enzo Maresca

Statistik yang dirujuk Maresca jelas lebih baik dibandingkan musim lalu, meskipun musim ini masih dalam tahap awal.

Jackson rata-rata mencetak 0,98 gol per pertandingan musim ini, dibandingkan dengan 0,45 pada musim 2023-24. Rata-rata xG atau gol yang diharapkan nya juga meningkat, dari 0.60 menjadi 0.81.

Selain itu, jumlah tembakan per pertandingan Jackson naik menjadi 2,0 dibandingkan dengan 1,3 pada musim sebelumnya.

Dalam hal peluang besar yang dikonversi menjadi gol (1.0 v 0.4) dan peluang besar yang terlewatkan (0.5 v 0.8), angka-angka ini menunjukkan bahwa Jackson semakin tajam di depan gawang lawan.

Analis sepak bola, Statman Dave, menyebut, "Nicolas Jackson musim lalu gagal memaksimalkan peluangnya sekitar enam gol dari xG. Namun, musim ini dia sudah tampil lebih baik dan bisa menjalani musim yang sangat baik."

3 dari 5 halaman

Saingi Rekor Didier Drogba

 

Nicolas Jackson terlibat dalam 23 gol dalam 29 pertandingan Premier League terakhirnya untuk Chelsea, masing-masing 16 gol dan 7 assist, termasuk 11 kontribusi gol dalam 10 pertandingan terakhirnya, yaitu 8 gol dan 3 assist.

Setelah kemenangan melawan West Ham, Jackson mengatakan bahwa kepercayaan dirinya "semakin tinggi" dengan dukungan dari rekan setimnya.

"Mereka punya kepercayaan terhadap saya," ujarnya.

Sejak awal musim 2023/2024, Jackson dan Cole Palmer telah mencetak 10 gol Premier League bersama, paling tidak dua lebih banyak dari pasangan lainnya di Liga Inggris.

"Semua orang tahu bahwa dia adalah pemain top. Fans Chelsea dan para pemain menilainya sangat tinggi, kami tahu apa yang bisa dia lakukan," kata Palmer kepada TNT Sports.

Chelsea menambah amunisi baru dengan mendatangkan Jadon Sancho. Rekrutan baru Chelsea ini terlihat meyakinkan ketika melakukan permainan kombinasi dengan Jackson.

Keduanya bekerja sama dengan baik untuk mencetak gol pertama melawan West Ham. Hal ini menjadi angin segar untuk Chelsea.

4 dari 5 halaman

Komentar dari Mantan Striker Chelsea

Namun, gol keduanya menarik perhatian mantan striker Chelsea, Demba Ba. Lewat media sosial X, Demba Ba memuji Nicolas Jackson

"Ia sangat hebat dalam menciptakan ruang. Cara dia membuat bek keluar dari posisinya dan bergerak ke sana adalah level tertinggi," tambah Ba. "Bahkan lebih baik daripada penyelesaiannya." 

Mantan gelandang Chelsea dan West Ham, Joe Cole, menambahkan bahwa Jackson masih belajar sebagai pemain muda, dan membandingkan awal karirnya di Stamford Bridge dengan legenda Chelsea, Didier Drogba.

"Orang-orang berbicara tentang dua musim pertama Didier Drogba ketika dia belum setajam yang kemudian dia tunjukkan. Meski begitu, Jackson sudah mencetak gol dan dia akan terus membaik," kata Cole kepada TNT Sports.

"Dia hanya perlu terus berkembang, lebih tenang, dan semakin percaya diri. Dia akan tampil lebih baik pada pertandingan berikutnya," lanjutnya.

Sumber: BBC

Penulis: Lutfi Galih Pawening

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer