Sukses


7 Tahun Absen Membela Timnas Inggris, Dominic Solanke Termotivasi Raih Tempat di Skuad Utama

Bola.com, Jakarta - Dominic Solanke kembali ke Timnas Inggris setelah absen selama tujuh tahun terakhir. Tidak ada hari berlalu tanpa dia memandang jersey kebanggaannya yang dipajang di rumahnya.

Solanke sebut ia tidak pernah menyerah untuk kembali ke skuad utama The Three Lions setelah ia dipanggil kedalam skuad untuk pertama kalinya. 

Solanke mengenakan jersey timnas Inggris selama 15 menit, dalam debutnya bersama Timnas Inggris sebagai pemain pengganti saat bermain imbang 0-0 melawan Brasil di Wembley. Hal tersbut menjadi moment terakhir kali Solanke berseragam timnas Inggris.

Meski singkat, momen tersebut menjadi motivasi besar bagi Solanke sejak saat itu.

"Itu salah satu pencapaian terbesar dalam karier saya," ujar striker Tottenham Hotspur itu, merujuk pada satu-satunya penampilannya bersama tim senior Inggris.

“Sejak kecil, mimpi setiap pemain sepak bola adalah bermain untuk negara. Itu berada di level yang berbeda.”

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Termotivasi Meraih Pencapaian Besar

 

Solanke mengungkapkan bahwa jersey tersebut tetap menjadi simbol motivasi besar baginya, meskipun ia belum dipanggil kembali oleh Gareth Southgate dan tidak dipilih untuk skuad Euro 2024, meski tampil gemilang bersama Bournemouth pada Liga Inggris 2023/2024 dengan mencetak dua digit gol bersama tim tersebut.

"Euro 2024 adalah sesuatu yang sangat saya incar," ungkap Solanke.

"Tapi ada begitu banyak pemain hebat yang bisa mewakili Inggris - kita mungkin salah satu tim terkuat di dunia, jadi tidak mudah untuk terpilih."

Meski tidak terpilih, Solanke mengatakan hal itu membuatnya semakin termotivasi untuk bekerja lebih keras dan berharap bisa dipanggil di kesempatan berikutnya. 

“Saya selalu percaya saya akan kembali ke sana. Itu adalah mindset saya, dan itulah salah satu hal yang saya perjuangkan. Saya sudah jauh berkembang sejak penampilan terakhir saya, dan saya merasa sangat percaya diri sekarang.”

3 dari 4 halaman

Enggan Menyalahkan Bounermouth

Solanke tidak menyalahkan statusnya di Bournemouth sebagai faktor tidak terpilihnya dia untuk Euro 2024 meski sudah memiliki kontribusi luar biasa,, namun dia sangat menikmati waktunya bersama Tottenham di bawah asuhan manajer Ange Postecoglou. 

"Salah satu alasan saya ingin bergabung dengan Tottenham adalah karena dia manajer yang hebat. Cara dia bermain sangat cocok dengan gaya saya," kata Solanke.

Selain itu, Solanke juga menunjukkan rasa hormat yang besar terhadap pelatih Timnas Inggris U-21, Lee Carsley.

"Lee adalah pelatih hebat dan saya sudah mengenalnya selama bertahun-tahun. Semua pemain di sini memiliki hubungan yang baik dengannya," katanya.

4 dari 4 halaman

Kans Besar

Dengan Harry Kane diragukan tampil di pertandingan Nations League melawan Yunani, Solanke berpeluang besar mengenakan jersey Inggris lagi di Wembley.

"Itulah mimpinya - semoga saya mendapatkan beberapa menit di lapangan. Jika saya dipanggil, saya akan siap," ujar Solanke optimis.

 

Penulis: Lutfi Galih Pawening (Magang MSIB)

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer