Sukses


Timnas Inggris Tunjuk Thomas Tuchel, Pep Guardiola Tenang di Man City

Bola.com, Jakarta Manajer Manchester City, Pep Guardiola, sudah tidak lagi dikaitkan dengan Timnas Inggris. The Three Lions telah menunjuk Thomas Tuchel sebagai pengganti Garet Southgate.

Sebelumnya, muncul rumor Guardiola masuk daftar calon pelatih Inggris dan mempertimbangkan masa depannya di Etihad Stadium.

Rumor ini muncul di tengah spekulasi jika Guardiola, bersama nama-nama pelatih top lain seperti Eddie Howe, Graham Potter, dan Thomas Tuchel, menjadi kandidat kuat untuk mengisi posisi kursi pelatih Timnas Inggris yang saat ini kosong.

Posisi kursi pelatih The Three Lions menjadi terbuka setelah Gareth Southgate resmi mengundurkan diri usai Euro 2024. Saat ini, posisi tersebut diisi sementara oleh mantan pelatih U-21 Inggris, Lee Carsley, yang bertanggung jawab atas empat laga Inggris di pertandingan Nations League kemarin.

Meski Carsley telah menjalankan tugasnya cukup baik, termasuk kemenangan 3-1 atas Finlandia. Pelatih berkepala plontos itu secara terbuka menyatakan jika jabatan ini lebih layak dipegang oleh pelatih kelas dunia yang telah memenangkan banyak trofi.

Masuknya nama Guardiola sebagai pelatih Timnas Inggris bukan tanpa alasan. Dengan torehan enam gelar Liga Inggris bersama The Cityzen, pria asal Spanyol ini dianggap sebagai kandidat kuat untuk mengisi posisi tersebut. 

Kini, Pep Guardiola bisa kembali fokus di Man City setelah Thomas Tuchel diresmkin Timnas Inggris.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Nasib di Etihad Stadium

Namun, masa depan Guardiola di Manchester City juga tidak kalah menarik perhatian. Kontrak pelatih kelahiran Santpedor tersebut akan berakhir pada akhir musim ini.

Situasi semakin menarik ketika direktur olahraga City, Txiki Begiristain, sekaligus sahabat lama Guardiola, dilaporkan akan meninggalkan klub pada akhir musim, posisinya akan diisi oleh Hugo Viana dari Sporting CP. Perubahan ini semakin memperkuat masa depan Guardiola di City menjadi tidak pasti.

The Exceptional One sendiri telah menjadi tokoh kunci di Manchester City selama hampir satu dekade. Banyak pemain muda Inggris yang muncul sejak Guardiola di City, seperti Phil Foden dan Rico Lewis. Ini menjadi alasan mengapa Inggris berminat untuk merekrutnya. 

Namun, menurut laporan, skenario yang paling mungkin terjadi adalah Guardiola memperpanjang kontrak setahun lagi dengan City, ini akan membawanya genap 10 tahunmelatih klub asal kota Manchester tersebut. 

3 dari 3 halaman

Jawaban Pep Guardiola

Ketika ditanya langsung mengenai masa depannya dan kemungkinan melatih timnas Inggris, Guardiola tidak memberikan jawaban yang pasti. Dalam wawancara di acara TV Italia, Che Tempo Che Fa, Pria berkepala plontos itu hanya menyebut.

"Saya belum menyelesaikan karier saya di Manchester City, saya masih harus memikirkannya" ungkap Pep Guardiola.

"Tidak benar bahwa saya akan menjadi pelatih Inggris. Saya belum memutuskan apa pun, jika saya telah memutuskan masa depan saya di Manchester City, saya akan mengatakannya, apa pun bisa terjadi dalam hidup," lanjut pelatih yang sudah meraih gelar UCL tiga kali.

Sumber: Sportbibble

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer