Sukses


MU Siap Mulai Bangun Stadion Baru Berkapasitas 100.000 Kursi, Selesai Tahun 2028

Bola.com, Jakarta Manchester United akan segera memulai proyek ambisius pembangunan stadion baru yang direncanakan bisa menampung hingga 100.000 penonton dan dijadwalkan selesai pada tahun 2028.

Pemilik klub, Sir Jim Ratcliffe, bersama Walikota Manchester, Andy Burnham, telah menyusun rencana ini sebagai bagian dari upaya regenerasi kawasan Trafford Park di kota Manchester.

Rencana pembangunan stadion ini muncul sebagai respons dari kondisi Old Trafford yang telah memasuki usia 114 tahun. Selain itu, stadion yang berdiri sejak 1910 akhir-akhir ini sering dikritik dianggap tidak lagi memenuhi standar bagi klub sebesar MU.

Sejak terakhir renovasi pada tahun 2006, di mana 8.000 kursi ditambah, stadion ikonik ini belum pernah lagi mengalami pembaruan yang signifikan lagi. Bahkan, masalah atap  bocor yang terjadi beberapa pekan terakhir, membuat kebutuhan akan fasilitas baru semakin mendesak bagi The Reds Devils.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kenapa Stadion baru?

Awalnya, ada pertimbangan untuk merenovasi Old Trafford. Namun, setelah sejumlah studi banding yang dilakukan ke beberapa stadion ternama seperti Bernabeu dan Nou Camp, serta melihat perkembangan stadion baru milik Tottenham Hotspur, keputusan akhirnya jatuh pada stadion baru. 

Stadion yang sementara disebut 'New Trafford', akan dibangun di lokasi yang berdekatan dengan Old Trafford. Walikota Manchester, Andy Burnham, bahkan mendukung penuh proyek pembangunan stadion baru milik Setan Merah.

Burnham melihat proyek ini bisa menjadi kesempatan untuk mengubah bagian barat kota Manchester, mirip seperti Etihad Campus milik Manchester City yang telah merevolusi area timur kota Manchester.

3 dari 4 halaman

Biaya yang dibutuhkan

Pembangunan stadion baru diperkirakan menelan biaya sekitar 2 miliar euro atau Rp34 triliun. Arsitek Foster & Partners, yang sebelumnya terlibat dalam pembangunan Stadion Wembley, ditunjuk untuk menggarap proyek ambisius ini.

Mereka berdua telah menyusun konsep kawasan sekitar stadion dengan desain modern serta mencakup ruang terbuka dan patung-patung legenda Manchester United. Proyek ini diharapkan selesai pada tahun 2030, sementara stadionnya sendiri bisa dibuka lebih cepat, sekitar tahun 2028.

4 dari 4 halaman

Suporter terpecah

Meski rencana pembangunan stadion baru mendapat dukungan dari beberapa kalangan, seperti mantan pemain United, Gary Neville, yang berpendapat Old Trafford sudah tidak lagi sesuai standar. Namun ternyata tidak semua supporter setuju dengan proyek ini.

Hasil Survei yang dilakukan lebih dari 30.000 supporter Manchester United, menunjukkan jika fans terpecah menjadi dua golongan. Dengan hasil hampir 50-50 , di antara mereka ada yang ingin tetap bertahan di Old Trafford dan ada pula mendukung pembangunan stadion baru.   

Sumber: The Sun

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf (Magang MSIB)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer