Sukses


Iker Lecuona Tak Terbebani Jadi Pengganti Marc Marquez di MotoGP Spanyol

Bola.com, Jakarta Pembalap Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona, mendapat kesempatan emas dari absennya Marc Marquez di MotoGP Spanyol pada 28-30 April 2023.

"Pertama, saya ingin mendoakan Marc yang terbaik untuk pemulihannya. Ia adalah referensi di MotoGP dan saya rasa tak hanya penggemar, melainkan juga para rider, sangat merindukannya," katanya.

Marquez cedera retak tulang metakarpal pertama alias tulang ibu jari tangan kanan. Ia mendapatkan cedera ini usai bertabrakan dengan Miguel Oliveira dalam main race MotoGP Portugal pada akhir Maret lalu.

Honda Racing Corporation (HRC) menyatakan bahwa proses pemulihan Marquez berjalan positif. Namun, ia ternyata membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Atas alasan inilah sang delapan kali juara dunia tak hanya harus absen dari Seri Argentina dan Austin, melainkan juga Spanyol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kesempatan Emas

HRC pun secara mengejutkan tak menunjuk sang test rider, Stefan Bradl, sebagai pengganti Marc Marquez seperti biasanya dan justru memilih Lecuona. Alasan yang mendasari keputusan ini adalah fakta bahwa ternyata Bradl sudah lebih dulu dijadwalkan turun sebagai pembalap wildcard di Seri Spanyol.

"Bagi saya, tentu merupakan kesempatan yang menakjubkan bisa kembali ke MotoGP dan berkendara untuk tim impian saya. Melakukannya di hadapan publik Spanyol terasa makin spesial. Namun, kami harus realistis, ini akan jadi akhir pekan yang sangat berat dan menuntut," kata Lecuona.

Lecuona merupakan eks rider MotoGP. Ia pernah membela Tech 3 KTM pada 2020 dan 2021, sebelum pindah ke WorldSBK bersama Team HRC pada 2022. Sayang, karier Lecuona bersama KTM tidaklah gemilang. Tak dapat dukungan teknis yang mumpuni, hasil terbaiknya hanya finis ketujuh di MotoGP Inggris 2021.

 

3 dari 3 halaman

Saatnya Unjuk Gigi

Meski begitu, rider Spanyol berusia 23 tahun ini berhasil unjuk gigi di WorldSBK. Ia tampil kompetitif dengan motor Honda Fireblade CBR1000RR-R. Tahun lalu, ia bahkan naik podium usai finis ketiga di Race 2 Seri Belanda dan mengakhiri musim di peringkat 9 dengan status debutan.

"Saya telah menghabiskan tahun ini dan tahun lalu untuk benar-benar fokus pada WorldSBK dengan Team HRC, dan kini saya harus membiasakan segala hal yang berbeda di MotoGP, begitu juga mempelajari motor yang benar-benar baru: Honda RC213V. Meski begitu, saya akan berusaha sebaik mungkin dan kita lihat apa yang terjadi nanti."

Sumber: Honda Racing Corporation

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer